Ini Pentingnya Belajar Sejarah Indonesia Menurut Pengamat Pendidikan!

Infokampus.news, Malang – Pentingnya belajar sejarah diungkapkan oleh pengamat pendidikan kondang Indonesia Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro saat mengisi seminar nasional sejarah lokal di Aula Lantai 7 Gedung Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (UM) pagi ini (26/4). Ia menuturkan lewat mempelajari sejarah, bangsa bisa menggali banyak hal dari masa lalu.

Bahkan para pemimpin negara saat ini harusnya banyak berkaca dari sejarah bangsa Indonesia.

“Kita bisa belajar dari sejarah zaman lampau atau pengalaman sejarah para pemimpin, misalnya bisa mendasarkan kebijakan negara dari pengalaman masa lalu.” Ujarnya saat menyampaikan materi.

Tanpa Sejarah, Keputusan Kecil Mampu Memberi Dampak Besar Tanpa Teridentifikasi Dampaknya

Menurut Wardiman, sebelum pemerintah membuat kebijakan harusnya mereka belajar dampak dari kebijakan tersebut di masa lalu. Karena ia menuturkan, sedikit saja kebijakan yang dibuat oleh pemerintah akan mempengaruhi hidup banyak orang.

“Banyak contoh dalam sejarah, dimana satu keputusan, mempunyai akibat yang besar atau tidaj terduga kepada nasib bangsa atau suatu kelompok.” Tuturnya kemudian.

Ia menyayangkan pemerintah maupun masyarakat saat ini tidak mau belajar sejarah untuk berkaca dengan kehidupan saat ini. Padahal, memanfaatkan sejarah untuk menjalani kehidupan di masa ini sangat penting.

“Sayang justru saat ini tidak banyak pemerintah maupun masyarakat yang memanfaatkan ini, karena mereka sendiri tidak bisa melihat atau memahami apa makna dari sejarah tersebut.” Tuturnya. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UM Gelar Seminar Sejarah ‘Agar Tidak Dilupakan Generasi Mendatang’

Hari ini (26/4) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Seminar nasional bertema

Close