Ini Perjuangan Dibalik Medali PKM-GT ITS!

Infokampus.news – Kemeriahan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 di Institut Pertanian Bogor (IPB) meninggalkan banyak cerita unik. Salah satunya cerita perjuangan dibalik medali PKM-GT ITS.

Pengumuman lolos tidaknya sebuah Program Kreatifitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT) dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) selalu saja mepet setiap tahunnya. Hal ini justru menjadi cambuk tersendiri bagi Nur Fitriah Andriani beserta empat sahabatnya. Timnya merupakan satu-satunya perwakilan yang dinyatakan lolos dalam ajang bergengsi ini.

Diumumkan lolos pada Rabu malam (3/8), dua hari kemudian Nur dan tim sudah harus berangkat ke Bogor untuk menjalani latihan. Bersama dengan Afrizal Ma’arif, Prima Tama Setyasa, Viqhi Aswie serta Roikhanatun Nafi’ah, Nur mampu merampungkan poster maupun presentasi dalam jeda singkat. “Kami sampai lembur hingga jam dua malam,” ujar Nafi, salah satu anggota tim.

Baca Juga:

Dalam karyanya, Nur beserta tim mengajukan gagasan untuk membangun kota baru masa depan di wilayah kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara. Ide tersebut didasari oleh rentang kesenjangan ekonomi yang tinggi antara ibukota dengan berbagai kota di wilayah indonesia timur, termasuk Halmahera.

Padahal, belakangan ini terkuak fakta bahwa terdapat kandungan feronikel di bumi Halmahera dalam jumlah yang cukup besar. Oleh karena itu, Nur dan tim terpikirkan untuk menciptakan konsep simbiosis dalam kawasan industri masa depan di kota Halmahera.

Siapa sangka, ide yang terinspirasi dari konsep simbiosis industri di Kalundborg, Denmark ini mampu menarik hati juri untuk memberikan penilaian tertinggi. “Speechless,” itulah kata yang terucap dari Nur selaku ketua tim ketika ditemui ITS Online usai penyerahan medali.

Sebagai satu-satunya wakil dari ITS, menurutnya pencapaian oleh-oleh terbaik yang bisa diberikan untuk kampus ITS. “Bisa menyumbangkan emas sekaligus perak untuk ITS adalah sesuatu yang patut untuk disyukuri,” ungkap Nafi mengakhiri.

 

Sumber: ITS

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cerita Saudara Kembar Raih Medali di Pimnas 2016

Terlahir menjadi saudara kembar merupakan salah satu anugerah tersendiri dari Tuhan. Selain memiliki paras wajah yang sama, M. Dedy Bastomi...

Close