Ini Presentase Kuota Penerimaan Mahasiswa UB Tahun 2017 dari Berbagai Macam Jalur

Infokampus.news, Malang – Universitas Brawijaya (UB) pada tahun akadamik 2017/2018 dipastikan akan mengurangi jumlah penerimaan mahasiswa barunya. Jika pada tahun akademik 2016/2017 yang lalu UB menerima mahasiswa baru sebanyak 12.000 Mahasiswa, pada tahun ini UB hanya akan menerima sebanyak 10.000 jumlah mahasiswa baru tahun ajaran akademik 2017/2018.

Diakui Wakil Rektor I, Prof. Kusmartono, persentase porsi penerimaan mahasiswa baru sendiri akan terbagi tiga, yaitu 30 persen  mahasiswa baru akan berasal dari Jalur SNMPTN, 40 persen dari,Jalur SBMPTN, dan 30 persen sisanya akan diambil dari jalur SPMK /Mandiri.

“Penerimaan mahasiswa dari jalur SBMPTN yang paling banyak, Penerimaan jalur SNMPTN memang kuotanya turun karena diberbagai jurusan memang ada penurunan kuota. Itu juga yang menyebabkan penerimaan pada tahun ini turun 2.000 mahasiswa,” Paparnya saat ditemui Tim Infokampus.

Ruang Gerak Kampus Padat, Alasan UB kurangi kuota

Alasan pengurangan mahasiswa pada tahun ini sendiri diakui, Prof. Kusmartono sebagai upaya UB agar ruang gerak dilingkungan kampus sendiri tidakterlalu padat. Sehingga, UB sendiri akan memanfaatkan gedung kampus dieng sebagai salah satu fasilitas kegiatan akademik bagi mahasiswa baru UB nantinya.

“Agar tidak terlalu padat dan parkirnyajuga tidak terlalu sulit maka kuota mahasiswa baru dikurangi. Selain iti kampus dieng tahun depan sudah akan digunakan sebagai salah satu penunjang kegiatan akademik. Bahkan, upacara penerimaan Mahasiswa baru rencananya akan diselenggarakan di kampus Dieng,” Jelasnya.

Kampus Kediri dan Penyandang Disabilitas Tetap Akan Dapat Porsi Penerimaan

Lebih lanjut, Prof. Kusmartono juga memastikan akan ada penerimaan mahasiswa baru untuk kampus Kediri dan penyandang disabilitas lainnya. Untuk penerimaannya sendiri, Kuota untuk UB kediri akan sama seperti tahun lalu, sedangkan dari penerimaam disabilitas akan bergerak dinamis mengikuti jumlah permintaan pendaftar.

“Tentu akan tetap ada, apalagi kampus UB Kediri Sudah,bagus begitu. Untuk disabilitas kita lihat dulu peminatnya jika banyak maka akan kami tentukan kuotanya setelahnya,” Jelasnya.

Perisapan UB Matang, Warek I optimis Penyelenggaraan Penerimaan Maba Berlangsung Baik

Terakhir, ditanyai mengenai kesiapan UB dalam mengahadapi segala proses penerimaan mahasiswa baru nanti, Prof. Kusmartono mengakui saat ini UB siap dalam menghadapi proses seleksi SNMPTN dan proses seleksi SBMPTN nantinya.

“UB kan menjadi panitia lokal untuk SBMPTN, nah mengenai kesiapan nanti sabtu rektor akan rapat di Jakarta mengenai  Computerized Based Test (CBT), kalau tahun kemarinkan jumlahnya 500, kemungkinan tahun ini kan naik. Tapi saya rasa persiapan UB sendiri sudah sangat baik,” Paparnya. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rektor Unisma : Junjung Tinggi Sportivitas

Dalam rangka menyambut dies natalis ke-36 Universitas Islam Malang mengadakan berbagai kegiatan.

Close