Ini Program Dikti Agar Dosen Tidak ‘Kaget’ Studi di Luar Negeri

Infokampus.news, Malang – Sekitar 50 orang peserta beasiswa dosen dari dikti hari ini mengikuti program Pre Departure English Course (PDEC). Program yang dilakukan selama 3 bulan mulai bulan November hingga Januari tahun depan ini, diikuti oleh berbagai dosen dari pulau Sumatera dan Jawa barat.

“Hari ini kita pretest preparation untuk IELTS course, kalau kemarin itu persiapan jadi materi begitu. Jadi selama 3 bulan ini mereka diberi orientasi semacam kuliah begitu, mulai jam 7 pagi sampai 3 sore. Nah untu pesertanya kebetulan kali ini kita kebagian para dosen penerima beasiswa yang berasal dari Sumatera dan Jawa Barat,” kata Nabhan Choiron Fuad anggota tim pengelola PEDC Universitas Negeri Malang (UM).

Harapkan Kemampuan Berbahasa Inggris Lebih Terasah, Meskipun Miliki Conditional Letter

Orientasi yang akan berahir tanggal 22 Januari tahun depan ini nantinya akan diahiri dengan ujian IELTS official pada hari terahir pelaksanaannya. Tujuan dari program ini yaitu untuk membekali dosen yang akan diproyeksikan studinya ke luar negeri. Meskipun kebanyakan dari para peserta ini diakui oleh pihak tim cukup baik dalam berbahasa Inggris, namun nantinya diharapkan mereka bisa lebih lagi dalam kefasihan berbahasa.

Baca Juga :

“Nanti ya targetnya hasil IELTS mereka bisa mencapai 6 atau 6,5 lah meskipun ya mereka sudah bagus kok bahasa Inggrisnya, rata-rata mungkin sudah 5,5 atau bahkan bisa sudah 7 nilainya.
Tapi ya mungkin mereka itu bagus di satu bidang saja, misalnya speaking tapi writing kurang nah ya itu yang ingin kita kembangkan, jadi memperbaiki yang kurang,” jelas dosen sastra Inggris ini.

Berikan Materi Kebudayaan Asing Agar Tidak Terjadi Culture Lag

Selain itu dalam program ini mereka diberi pembekalan untuk menambah pengetahuan sosial dan budaya pembelajaran di luar negeri, agar nantinya mereka tidak mengalami culture lag.

“Ada tambahan materi namanya ASO, Academic in Social Orientation jadi mereka akan dikenalkan sistem pembelajaran dan sosial di luar negeri. Agar nantinya mereka tidak kaget saat sampai di negeri orang,” pungkasnya.

Penulis : Irma Puspita

Editor : Galuh Pandu Larasati

Foto : Irma – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 Politeknik Bakal Direvitalisasi

Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) akan merevitalisasi sejumlah politeknik yang ada di seluruh Indonesia.

Close