Ini Resep Awet Muda Paling Ampuh dari Sari Buah Kesemek!

Infokampus.news – Kreativitas sembari meneliti terus dilakukan oleh para mahasiswa. Hal itu seperti diterapkan oleh Rhezaldian Eka Darmawan dan Surya Diki Andrianto. Dua mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) ini menciptakan produk minuman sari buah kesemek untuk kesehatan yang diberi nama Nom-Nom Pure Persimmon.

Rheza menjelaskan, pada dasarnya buah kesemek memiliki sejumlah menfaat, seperti mengobati hipertensi, menjaga kesehatan organ jantung, memperlambat penuaan dini, dan masih banyak lagi. Bersama Surya, Rheza kemudian mengolah sedemikian rupa buah kesemek agar dilirik konsumen.

Baca Juga:

“Nom-Nom kami ambil dari kata ‘muda-muda’, jadi kami harap pengguna produk ini biar bisa awet muda dan sehat,” ujarnya, seperti dimuat dari laman resmi UB, Sabtu (5/11/2016).

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, pengolahan sari buah kesemek ini juga melibatkan masyarakat. Pasalnya, buah kesemek yang digunakan untuk produksi diambil dari hasil panen kebun yang dikelola bersama mitra petani di daerah Batu, Malang.

Sedangkan rekannya, Surya, mengungkapkan bahwa inovasi yang dilakukan pada produk minuman ini menggunakan teknologi pasteurisasi pulsed electric field agar produk yang dihasilkan bisa bertahan lama.

“Kita perkirakan produk ini bisa bertahan hingga satu bulan. Kami menyediakan kemasan botol ukuran 350 mililiter dan kemasan sachet ukuran 25 mililiter,” paparnya.

Surya menambahkan, sari buah kesemek Nom-Nom sendiri bisa diminum dengan berbagai macam cara, seperti langsung atau dicampurkan ke dalam teh, susu, dan roti. “Variasi itu untuk menambah rasa hidangan,” ucapnya.

Tak hanya berkhasiat, Nom-Nom Pure Persimmon juga berhasil menjadi Third Runner-Up pada kompetisi Kino Youth Innovator Award 2016 yang diselenggarakan di Bogor. Kala itu pada babak grand final keduanya harus menghadapi tim dari kampus lain, seperti Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM). (FAM)

 

Sumber: UB

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Punya Nilai Historis yang Unik, Museum Brawijaya Sepi Pengunjung Mahasiswa

Selain dikenal sebagai kota pendidikan, Malang juga dikenal dengan budaya dan sejarahnya. Kota bunga ini mempunyai nilai historis yang layak...

Close