Waspada, Ini Nih Tanda – Tanda Beasiswa Palsu!

Infokampus.news – Saat ini begitu banyak informasi beasiswa tersedia. Akses tak terbatas memungkinkan setiap orang menelusuri beasiswa yang diinginkan. Namun, pernahkah Anda mencari tahu bahwa tidak semua beasiswa tersebut benar adanya. Alias scam atau beasiswa palsu. Berbagai kasus penipuan beasiswa kerap terjadi. Beasiswa tak kunjung diterima, justru kerugian yang dialami.

Jangan buru-buru tergoda dengan besarnya nominal nilai beasiswa. Selidiki terlebih dahulu apakah beasiswa yang diumumkan tersebut riil atau justru scam. Beasiswa scam sengaja dibuat oleh oknum tertentu untuk mengambil keuntungan dari calon yang mendaftar. Baik keuntungan materi, maupun data yang diberikan. Pelamar memang dituntut hati-hati, sehingga tidak tertipu oleh beasiswa scam tersebut.

Nah, sebagai antisipasi berikut diuraikan 5 ciri-ciri umum beasiswa scam/ beasiswa palsu:
Pelamar diminta membayar

Jangan pernah mau mendaftar jika para kandidat diminta menyerahkan sejumlah uang kepada penyelenggara. Cara ini paling lazim dilakukan beasiswa scam. Mereka mengiming-imingi pesertanya dengan beasiswa fantastis. Namun, saat mengajukan aplikasi ada sejumlah uang yang harus dibayar. Parahnya, uang sudah disetorkan, beasiswa melayang.

Pastikan bahwa meski ada biaya yang perlu dikeluarkan, itu menyangkut biaya pendaftaran ke universitas. Bukan biaya aplikasi beasiswa. Tawaran beasiswa seperti ini biasanya hanya disediakan oleh universitas.

Baca Juga: 

Alamat tidak jelas (palsu)

Langkah kedua ini juga bisa membantu Anda mengidentifikasi beasiswa scam. Sebagian besar beasiswa scam tidak memiliki alamat jelas. Kalau pun ada, informasi yang diberikan palsu. Kunjungi laman websitenya. Usahakan bisa menemukan alamatnya, nomor kontak, atau email yang disediakan. Jika Anda tidak berhasil menghubungi atau tak mendapatinya, maka hati-hatilah.

Kurang dikenal

Secara umum lembaga penyelenggara beasiswa punya reputasi luas. Mereka dikenal karena hubungan yang sudah terjalin dengan lembaga pendidikan, pemerintah atau masyarakat, dan punya catatan rekam alumni yang sudah menerima beasiswa tersebut. Tapi, jika beasiswa yang ditawarkan tidak pernah didengar atau asing, tidak memiliki jejak alumni, sebaiknya waspada. Ini tanda-tanda beasiswa scam.

Menjamin lolos

Tidak satu pun beasiswa yang memberi jaminan Anda lolos. Beasiswa harus diperebutkan melalui kompetisi yang fair dan persaingan ketat. Nah, kalau Anda mendapatkan beasiswa yang memberi jaminan lolos, jangan pernah mau karena itu pasti scam.

Jadi pemenang dadakan

Cara lain munculnya beasiswa scam adalah pemberitahuan mendadak kepada Anda sebagai pemenang salah satu beasiswa. Tiba-tiba saja Anda memenangkan beasiswa tersebut, padahal tidak pernah mendaftar sebelumnya. Pada kasus ini, pelaku bisa menghubungi melalui email, sms, media sosial, atau kalau nekad via telepon. Karena itu, jangan sembarangan menyerahkan data kontak Anda.

Semoga bermanfaat! (FA)

 

Sumber: Okezone

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Panik saat Sakit, Alat Kesehatan ini Akan Bantu Kamu!

Sinergitas mahasiswa FIK dan Fasilkom UI mampu menggagas sebuah alat kesehatan secara elektronik. Namanya MTC

Close