Ini Tata Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES Tahun 2017!

Infokampus.news – Hai Sobat FoKus! Apakah Sobat sedang mendambakan kuliah di UNNES namun cemas menunggu hasil SBMPTN 2017 yang baru diumumkan 5 hari lagi? Jangan khawatir! Sobat bisa mendaftarkan diri ke jalur Seleksi Mandiri UNNES yang dibuka mulai tanggal 17 Mei s.d. 21 Juni 2017. Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S-1 dan D-3 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang dalam bentuk ujian tulis dan/atau ujian keterampilan seni/olahraga.

Pendaftaran dari Seleksi Mandiri UNNES dapat sobat lakukan secara online melalu laman  http://daftar.unnes.ac.id. Sobat dapat memilih salah satu kelompok ujian: Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), atau Campuran (Saintek dan Soshum). Berikut informasi selengkapnya tentang tata cara pendaftaran  Seleksi Mandiri UNNES Tahun 2017!

PERSYARATAN UMUM
  1. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2017, 2016, dan 2015 dibuktikan dengan ijazah.
  2. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa UNNES dan memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.

 

PERSYARATAN KHUSUS

Khusus pendaftar Seleksi Mandiri UNNES 2017 yang juga melamar program Bidikmisi harus memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagaimana tercantum dalam laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

PILIHAN PROGRAM STUDI
  1. Peserta SM-UNNES 2017 berhak memilih maksimum dua program studi untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan maksimum tiga program studi (Saintek dan Soshum) untuk kelompok ujian Campuran.
  2. Kelompok ujian, daftar nama program studi, dan daya tampung dapat dilihat pada lampiran Pengumuman ini atau pada laman http://penerimaan.unnes.ac.id.

 

BIAYA SELEKSI
  1. Biaya seleksi peserta SM-UNNES 2017 sebesar Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.
  2. Bagi peserta yang memilih program studi yang mensyaratkan uji keterampilan seni/olahraga, membayar biaya uji keterampilan sebesar Rp 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah).

 

PROSEDUR PENDAFTARAN

Adapun langkah-langkah pendaftaran SM-UNNES 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Membuka situs http://daftar.unnes.ac.id.
  2. Menentukan jalur SM-UNNES 2017 yang akan diikuti: SM-UNNES jalur non-Bidikmisi atau SM-UNNES jalur Bidikmisi.
  3. Memilih kelompok ujian: Saintek, Soshum, atau Campuran.
  4. Mengisi formulir pendaftaran dan kesanggupan membayar UKT secara  online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN).
  5. Mengunggah file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB pada formulir yang telah tersedia.
  6. Mencetak PIN untuk syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2017.

Bagi calon peserta yang mendaftar melalui jalur Bidikmisi harus memperoleh KAP dan PIN pendaftaran seleksi mandiri dari laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id untuk dapat dibebaskan dari pembayaran biaya seleksi.

  1. Dengan menggunakan PIN pendaftaran, calon peserta melakukan pembayaran biaya seleksi dengan besaran sesuai dengan pilihan kelompok ujian. Pembayaran mulai tanggal 18 Mei s.d. 22 Juni 2017, dapat dilakukan melalui Bank Negara Indonesia (BNI 46) di seluruh Indonesia dengan kode pembayaran adalah PIN pendaftaran, pembayaran juga bisa melalui channel internet banking, dan/atau melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
  2. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta harus mencetak Kartu Tanda Peserta melalui laman http://daftar.unnes.ac.id selambat-lambatnya tanggal 3 Juli 2017. Kartu Tanda Peserta dicetak rangkap dua: (1) untuk peserta;  dan (2) diserahkan ke pengawas pada saat ujian tulis.

Itulah informasi tata cara pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES Tahun 2017, sebelum mendaftar ada baiknya Sobat FoKus melengkapi seluruh persyaratan yang ada dan mempelajari segala prosedur tata cara pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES. Terus kunjungi infokampus.news untuk mendapatkan berita seputar kampus lainnya. Semoga bermanfaat! (fam)

 

Sumber: penerimaan.unnes.ac.id

Berita Terkait

ADV-728_x_90

2 thoughts on “Ini Tata Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES Tahun 2017!

  • June 16, 2017 at 5:00 am
    Permalink

    Sori ka mau tanya dong, kenapa ya saya gak bisa cetak kartu pendaftaran nya, padahal saya udah isi borang foto sama bayar biaya pendaftaran nya. Ada yg bilang harus scan bukti pembayaran dulu tapi yg saya bingung setelah menyecan lalu dikirim ke mana? Terimakasih

    Reply
    • June 20, 2017 at 11:59 am
      Permalink

      sama saya juga sudah bayar tp tidak bisa mencetak kartu

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berminat Mendaftar ke Kampus ITN ? Cek Informasi Penting Ini!

Bagi kamu yang berminat mendaftar ke kampus ITN (Institut Teknologi Nasional) sudah mempersiapkan apa saja nih? Kampus ini sendiri membuka...

Close