Ini Tata Cara Pendaftaran Ujian Mandiri UNSRI 2017!

Infokampus.news – Universitas Sriwijaya atau UNSRI adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Sumatera Selatan. Universitas Sriwijaya memiliki dua buah kampus utama, yaitu di Kota Indralaya (Kabupaten Ogan Ilir) dan di kawasan Bukit Besar (Kota Palembang). Didirikan tanggal 29 Oktober 1960. UNSRI menerima mahasiswa baru baik melalui jalur SNMPTN (Undangan) dan  SBMPTN (Ujian Tulis), dan Jalur Mandiri UNSRI.

Sobat FoKus tidak perlu khawatir jika ingin masuk UNSRI tetapi tidak lulus jalur SBMPTN, karena UNSRI juga membuka jalur masuk lain yaitu jalur mandiri. Jalur mandiri UNSRI ini merupakan ujian tulis yang dilaksanakan di luar dari tes SBMPTN.

Apa saja persyaratannya?

PERSYARATAN PESERTA

Peserta Seleksi USMB Unsri 2017 harus memenuhi persyaratan sebagai
berikut:

A. UMUM

a. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Indonesia keturunan
asing yang dikukuhkan dengan surat bukti kewarganegaraan.
b. Warga Negara Asing yang dikirim oleh lembaga tertentu/perorangan
di luar negeri untuk mengikuti USMB Unsri.
c. Berijazah Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
semua jurusan.
d. Berijazah Diploma II/III/Sarjana Muda.
e. Bagi mahasiswa Diploma II/III/Sarjana Muda, yang bersangkutan
sedang berada di semester akhir dan telah lulus ujian komprehensif/
ujian akhir program.

B. KHUSUS

Persyaratan khusus lainnya dapat dilihat pada brosur/leaflet masingmasing
program studi dan fakultas.

Bagaimana Tata cara pendaftarannya?

CARA PENDAFTARAN

Pendaftaran dilakukan secara online melalui internet dengan cara mengakses alamat web: www.usm.unsri.ac.id selama masa pendaftaran yang ditentukan.

Jadwal pelaksanaan USMB terdiri dari:

1. Peserta asal SLTA yang memilih program studi jenjang sarjana (SAINTEK-SLTA-S1, SOSHUM-SLTA-S1, atau CAMPURAN-SLTA-S1)
pendaftaran mulai tanggal 1 Juni 2017 s.d. 15 Juli 2017.

2. Peserta asal diploma yang memilih program studi jenjang sarjana (SAINTEK-DIP-S1 atau SOSHUM-DIP-S1), pendaftaran mulai tanggal 1 Juni 2017 s.d. 23 Juli 2017.

3. Peserta asal SLTA yang memilih program studi jenjang diploma (SAINTEK-SLTA-DIP, SOSHUM-SLTA-DIP, dan CAMPURAN-SLTA-DIP), pendaftaran mulai tanggal 1 Juni 2017 s.d. 23 Juli 2017.

4. Peserta asal Diploma yang memilih program studi jenjang sarjana harus menyerahkan legalisir ijazah dan transkrip kepada panitia di Sekretariat USMB Unsri 2017 segera setelah melakukan pendaftaran. Bagi pesertayang baru mengikuti ujian komprehensif (belum memiliki ijazah dan transkrip) harus menyerahkan Daftar Kumpulan Nilai (DKN) yang telah dilegalisir. Penyerahan Ijazah/transkrip/DKN paling lambat tanggal 23 Juli 2017.

5. Peserta asal SLTA yang memilih program studi jenjang sarjana dan juga memilih program studi jenjang diploma harus mendaftar masing-masing.

6. Pembayaran dilakukan dengan menyetorkan biaya ujian tulis atau ujian keterampilan (untuk pilihan Penjaskes) ke rekening Rektor Universitas Sriwijaya melalui :

Seluruh Kantor Cabang dan Cabang Pembantu BNI.
Pembayaran dapat dilakukan melalui teller bank atau ATM.
Khusus untuk peserta warga negara asing, biaya ujian disetor ke
rekening Rektor Universitas Sriwijaya melalui Bank BNI.
Uang yang sudah disetor ke Bank tidak dapat diminta kembali.

7. Setelah peserta melakukan pembayaran di Bank, peserta akan mendapatkan slip bukti pembayaran yang di dalamnya tercantum Nomor Identitas, Nama, PIN USMB dan Kelompok Ujian.

PERHATIAN:

Nomor Identitas dan PIN USMB bersifat sangat rahasia dan tidak boleh diperlihatkan pada orang lain. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.

8. Kemudian peserta melakukan pendaftaran secara online melalui internet dengan cara mengakses situs www.usm.unsri.ac.id. Petunjuk teknis pendaftaran dapat di unduh (download) di situs tersebut.

9. Setelah melakukan pendaftaran secara online, peserta akan mendapatkan kartu tanda bukti pendaftaran yang berisi identitas peserta USMB Unsri 2017 termasuk foto, nomor peserta, lokasi ujian dan jadwal ujian. Kartu tanda bukti pendaftaran digunakan sebagai tanda peserta pada saat ujian.

10. Khusus untuk peserta yang memilih program studi S1, peserta harus mengunduh surat pernyataan kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Surat pernyataan dicetak, kemudian ditandatangani peserta di atas meterai 6000 rupiah dan ditandatangani orang tua atau wali. Untuk peserta yang memilih program studi D III tidak perlu mengunduh surat pernyataan kesanggupan membayar UKT.

Demikian informasi tata cara pendaftaran Ujian Mandiri Universitas Srwijaya 2017. Sebelum mendaftar pastikan Sobat sudah melengkapi segala persyaratan yang sudah ditentukan dan mengikuti segala prosedur pendaftaran. Semoga Sobat diterima sebagai mahasiswa UNSRI ya! (fam)

 

 

Sumber: usm.unsri.ac.id

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin Daftar Seleksi Mandiri UNIMED 2017? Ini Daftar Prodi yang Bisa Kamu Pilih!

bagi Sobat Fokus yang mempunyai target masuk ke UNIMED, Sobat bisa mendaftarkan diri melalui Seleksi Mandiri UNIMED 2017.

Close