Ini Tips Sukses Masuk Jurusan Fisika Ala Guru Besar Baru FMIPA UM

Infokampus.news, Malang – Masuk jurusan fisika tidak melulu soal angka dan rumus tapi lebih dari itu rumus dalam fisika merupakan cara untuk memahami sesuatu secara mendalam. Hal itulah yang diungkapkan Prof. Dr. Sutopo, calon guru besar baru prodi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) yang akan dikukuhkan menjadi guru besar Senin (14/1) mendatang.

Dalam penelitiannya, ia menemukan banyak hal yang tidak sesuai dengan tempatnya. “Selama ini rumus dalam fisika itu dianggap seperti kalkulator, padahal bukan. Rumus itu suatu cara untuk memahami sesuatu secara lebih detail,” ungkapnya pada wartawan.

Dalam pembelajaran fisika sendiri, menurutnya ada hal-hal yang menghambat proses penyerapan ilmu. Salah satunya yakni ketidaksamaan pemahaman dalam mempelajari ilmu fisika.

“Sebelum masuk ke kelas itu kan kita datang dari sekolah berbeda, guru berbeda nah ini terjadi perbedaan juga disini. Lebih jauh lagi yang menghambat pembelajaran itu adalah teori yang sudah kita buat berdasarkan asumsi pribadi dan tentu tidak sejalan dengan ilmu fisika yang ada. Nah ini bisa menyebabkan ilmu yang sebenarnya juga tidak bisa masuk dengan baik karena sudah ada mental block begitu.” Terangnya lagi.

Baca Juga :  Alumni Widyagama Mencari Berkah Ramadhan Melalui #cinta100menara

Nah ternyata untuk masuk ke jurusan fisika menurutnya ada hal-hal yang harus diperhatikan baik dari pendidik maupun siswa ataupun mahasiswa itu sendiri. Kedepannya ia berharap setiap anak yang belajar fisika bisa lebuh mudah mempelajari fisika dan tidak menganggap Fisika merupakan ilmu yang harus dikuasai orang orang yang memiliki daya ingat tinggi saja. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *