Ini UKT Universitas Hasanuddin di Tiap Kelompok!

Guna memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), diterapkanlah Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang bisa dibayarkan mahasiswa sesuai dengan kondisi finansial mereka. Dengan begitu, mahasiswa yang memiliki finansial terbatas tidak perlu lagi khawatir.

Seperti UKT yang diterapkan di Universitas Hasanuddin (Unhas), yang memiliki lima golongan. Pada kelompok satu sampai ke kelompok lima mempunya kisaran biaya UKT yang berbeda-beda.

Mulai dari kelompok satu yang merupakan kelompok dengan biaya UKT paling mudah. Kemudian untuk kelompok lima, merupakan UKT dengan kisaran biaya yang paling mahal. Setiap jurusan pun memiliki biaya UKT yang juga berbeda-beda.

Untuk kelompok satu, biaya UKT memiliki nominal yang sama yakni Rp500 ribu. Nominal tersebut juga berlaku di semua jurusan yang tersedia di Unhas, mulai dari kedokteran sampai Akuntansi.

Baca Juga:

Sementara itu, untuk kelompok dua, Unhas menetapkan UKT dengan kisaran biaya mulai Rp600 ribu sampai yang paling tinggi yakni Rp750 ribu. Beberapa jurusan seperti Ilmu Ekonomi dan Studi Pembanguna, Manajemen, sampai Hukum Administrasi Negara dipatok UKT sebesar Rp600 ribu pada kelompok dua ini. Sedangkan untuk jurusan seperti Fisioterapi, Ilmu Keperawatan, sampai Psikologi dikenakan UKT sebesar Rp750 ribu per semesternya.

Pada kelompok tiga, biaya UKT yang ditetapkan berkisar antara Rp1,7 juta Rp2 juta. Sementara itu, untuk kelompok empat, Unhas menetapkan UKT sebesar Rp2,4 juta untuk semua jurusan yang ada.

Terakhir, pada kelompok lima biaya UKT dipatok mulai dari Rp3 juta sampai Rp20 juta. Jurusan termurah yang ada pada kelompok ini yaitu Arkeologi, Sastra Prancis sampai Ilmu Sejarah. Sementara itu, untuk jurusan termahal yakni Pendidikan Dokter. (FA)

 

Sumber: Okezone

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Biaya Kuliah Kedokteran di Kampus Negeri!

Fakultas kedokteran selalu menjadi primadona di setiap penerimaan mahasiswa baru, baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),...

Close