Ini Universitas Terbaik di Arab Saudi!

Infokampus.news – Halo Sobat Fokus, siapa nih yang bercita-cita melanjutkan studi ke Timur Tengah? kali ini infokampus.news akan memberikan referensi Universitas terbaik di Arab Saudi! Negara yang terkenal dengan suhunya yang panas dan penuh dengan gurun ini memang menjadi tujuan favorit para mahasiswa dari seluruh dunia. Negara ini menyimpan banyak cadangan minyak. Ekonominya berkembang sangat pesat yang dibuktikan dengan bangunan-bangunan yang modern dan megah. inilah kesan pertama jika kita mendengar kata Saudi Arabia.

Ada beberapa Universitas terbaik di Arab Saudi yang dapat dijadikan referensi Sobat untuk mendapatkan kampus terbaik. Berikut informasi selengkapnya!

Universitas Terbaik di Arab Saudi:
King Fahd University of Petroleum & Minerals

Universitas terbaik di Arab Saudi yang akan kita bahas pertama adalah King Fahd University of Petroleum & Minerals. Universitas ini didirikan pada tahun 1963 di kota bernama Dhahran. Kota tersebut memang menjadi salah satu kota penting sebagai pusat industri minyak di Arab Saudi. Universitas yang namanya biasa disingkat KFUPM ini telah memiliki lebih dari 7000 pelajar dimana fokusnya hanya pada pelajar pria. Pelajar wanita memang juga diberikan kuota tetapi sangat terbatas. Tahun 2015 menurut QS World University Rankings 2015 KFUPM berada pada peringkat 199 dan pada peringkat 1 untuk universitas di wilayah Arab. Selain memiliki fokus pada studi bidang perminyakan dan gas, universitas ini tentu juga menawarkan berbagai program seperti sains, bisnis, dan juga teknik. Menurut QS World University Rankings by Subject 2015, KFUPM termasuk dalam peringkat 200 terbaik di dunia pada bidang-bidang yang meliput Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Struktural, Teknik Listrik dan Elektro, Ilmu Komputer, Matematika, Teknik Kimia, serta Penelitian Statistik dan Operasional. Jadi bisa dipertimbangkan untuk memilih bidang-bidang tersebut jika berniat untuk kuliah di KFUPM. Informasi lebih lanjut mengenai universitas ini bisa dilihat di website resminya (link).

King Saud University

Universitas ini didirikan pada tahun 1957 dengan lokasi di kota Riyadh. Universitas ini menerima pelajar baik itu pria dan wanita yang hingga saat ini jumlahnya mencapai 51.000 dengan 1.100 diantaranya adalah merupakan pelajar internasional dari berbagai negara di dunia. Universitas ini memiliki fokus studi pada bidang life sciences dan teknik dengan beberapa bidang berada dalam peringkat terbaik menurut QS World University Rankings by Subject 2015. Bidang-bidang tersebut antara lain Pertanian dan Kehutanan, Ilmu Biologi, Kimia, Ilmu Komputer, Ilmu Bahasa, Pendidikan dan Pelatihan, Matematika, Farmasi, Kedokteran, Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Struktural, Teknik Mesin, serta Teknik Listrik dan Elektro. Kemudian dalam hal peringkat universitas menurut QS World University Rankings 2015, King Saud University berada pada peringkat 237 di dunia dan pada peringkat 3 untuk kawasan Arab. Informasi lebih lanjut mengenai universitas ini bisa dilihat di website resminya (link).

King Abdulaziz University

Saat ini total ada hingga 42.000 pelajar di universitas dengan nama yang biasa disingkat menjadi KAU ini dengan pelajar pria dan wanita yang terpisah. Lokasi dari universitas yang didirikan pada tahun 1967 ada di kota Jeddah. Pendirian universitas ini juga merupakan hasil dari kerja dari seorang arsitek terkenal dari Inggris bernama John Elliot. Matematika, Ilmu Komputer, dan Teknik Mesin adalah program-program yang dikategorikan dalam top rank menurut QS World University Rankings by Subject pada tahun 2015. Universitas ini menawarkan cukup banyak program yang bisa dipilih oleh mahasiswa internasional seperti Kedokteran Gigi, Hukum, Bisnis, Farmasi, Kedokteran, Sains, Humaniora, serta Seni dan Desain. Dalam hal peringkat universitasnya, King Abdulaziz University berada pada peringkat 303 menurut QS World University Rankings 2015 dan peringkat 4 untuk kawasan Arab. Website resmi dari universitas ini bisa dengan mudah diakses untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai universitas ini dan berbagai program yang ditawarkan disana (link).

Demikian informasi Universitas terbaik di Arab Saudi yang bisa Sobat jadikan referensi dalam melanjutkan studi ke luar negeri. Semoga bermanfaat! (fam)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profil Kampus: Gambaran Kuliah di The University of Sydney, Australia!

Salah satu universitas terbaik yang ada di australia adalah The University of Sydney. The University of Sydney adalah salah satu...

Close