Inilah Keunggulan “Unicorn” Indonesia, Dari Ciptakan Lapangan Kerja hingga Suntikan Dana Triliunan Rupiah

infokampus.news – Istilah Unicorn dalam minggu ini benar-benar sedang trending di Indonesia. Bagaimana tidak? Debat Capres yang dilakukan pada Minggu (17/2) lalu menyinggung kalimat Unicorn ini.

Sebenarnya keberadaan unicorn memiliki banyak keunggulan yang bermanfaat bagi individu dan masyarakat Indonesia. bahkan, masyarakat di era digital cukup dekat dengan para unicorn ini, start-up alias perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar dollar AS.

di Indonesia saat ini memiliki perkembangan 4 Unicorn diantaranya Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka yang kehadirannya penting di era digital saat ini. berikut ini keunggulan unicorn yang bisa kalian baca.

Pertama, Dapat menciptakan Lapangan Kerja. tidak hanya menguntungkan secara bisnis, namun memberikan manfaat kepada masyarakat. kita ambil contoh Go-jek, membuka lapangan pekerjaan sebagai driver yang saat ini mencapai 1 juta orang.

“dalam sembilan tahun terakhir ada 5 juta orang yang bergabung dengan Tokopedia, membangun dan mengembangkan bisnis mereka” Ujar CEO Tokopedia William Tanuwijaya.

Kedua, Suntikan dana triliunan rupiah. Para unicorn Indonesia memiliki daya tarik yang seksi dari sisi bisnis jangka panjang. hal ini membuat para investor tak segan menyuntikkan dana segar triliunan rupiah.

Baca Juga :  Catat! Jadwal Libur dan Cuti Bersama tahun 2019

Misalnya Tokopedia, mendapatkan suntikan 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 16 Triliun pada Desember 2018. Dana itu berasal dari softbank Vision Fund dan Alibaba Gorup.

Selain itu, Go-Jek belum lama ini mendapat pendanaan seri F dari Google, JD, Tencent, Mitsubishi Corporation, dan Provident Capital.

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan TechCrunch, nilai investasi yang diterima Go-Jek pada seri F ini mencapai 920 juta Dollar AS atau kurang lebih sekitar 13 Triliun Rupiah.

Ketiga, Ekspansi ke Luar Negeri. Unicorn Indonesia tak hanya jago kandang. kini beberapa diantaranya bahkan sudah ekspansi ke sejumlah negara di Asia Tenggara.

Kita ambil contoh Go-Jek yang saat ini sudah berekspansi di tiga Negara Asia Tenggara, yakni Vietnam, Thailand, dan Singapura. Menurut Rencana, Go-Jek juga akan masuk Filipina.

Begitu juga dengan Traveloka yang sudah beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapuran dan Vietnam.

Asia Tenggara menjadi pasar yang menjanjikan bagi Traveloka karena populasi mencapai 620 juta jiwa dan masyarakat kelas menengah terus tumbuh.

Baca Juga :  WhatsApp Down, Berikut Ini Cara Atasi WA Error

Terakhir, membantu UMKM. dengan adanya Unicorn di Indonesia juga dirasakan oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). teknologi yang dimiliki Tokopedia dan Bukalapak misalnya menjembatani produk UMKM dengan para konsumen. melalui e-commerce konsumen bisa membeli produk UMKM yang diinginkan dimanapun berada. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *