Inilah Prestasi UMM dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019 di UMM

INFOKAMPUS.NEWS – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih 3 prestasi dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN 2019). Kegiatan yang diselenggarakan di UMM ini berlangsung pada hari Jumat-Sabtu (11-12/10).

UMM

Melalui KKCTBN 2019 ini, Dr. H. Fauzan, M.Pd selaku Rektor UMM periode 2016-2020 ini menyampaikan harapannya agar kalangan kampus termotivasi untuk meningkatkan pengembangan teknologi, terutama teknologi bidang perkapalan.

TIM UMM 2

“Jadikan kontes (Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional) ini untuk mengembangkan minat” ujarnya.

Dalam KKCTBN 2019 ini, UMM meraih peringkat dua untuk  dua kategori yaitu Kategori Electric Remote Control (ERC) dan Fuel Engine Remote Control (FERC).

Tim UMM I meraih prestasi sebagai tim Favorit Kategori FERC. Tim UMM 1 Kategori FERC juga meraih skor akhir 121,379. Sedangkan Tim UMM 2  pada kategori ERC, meraih perolehan terbaik dengan skor akhir 120,678.

Misbah Fikrianto, Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Ristekdikti menyampaikan apresiasinya kepada UMM sebagai tuan rumah KKCTBN 2019.

Pada KKCTBN 2019, penilaian lomba menggunakan aplikasi khusus  untuk meningkatkan transparansi dan memudahkan perhitungan. Selain itu. KKCTBN 2019 di UMM ini ada peningkatan peserta sebanyak dua kali lipat dari tahun 2018. Selain itu, KKCTBN 2019  mengadakan poster yang belum ada di tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Mahasiswa UMM Ciptakan Smart Tongkang, Mesin Pembuat Garam Berkualitas

“Penghargaan serta sanjungan atas pelaksanaan KKCTBN tahun ini di UMM dengan predikat Excellent” ungkap tokoh Ristekdikti ini.

Sementara itu, Moh. Jufri sebagai pendamping Tim UMM menyampaikan bahwa tim UMM Mekatronic selain memiliki kelompok yang berfokus pada Kapal, juga menekankan pada permesinan dan mobil hemat energi.

Strategi Tim UMM dalam kontes ini adalah mempelajari panduan KKCTBN dari tahun pertama sampai tahun terakhir pelaksanaan. Selanjutnya mempelajari kelebihan dan kelemahan dari tim juara pada tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, tim UMM melakukan evaluasi dan mengupayakan penggunaan komponen yang baik.

Selanjutnya Jufri akan menyiapkan tim yang lebih kompak dalam mengikuti lomba-lomba selanjutnya.

Sejak 1964, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus melakukan perbaikan serta peningkatan mutu akademis. Dr. H. Fauzan, M.Pd, berusaha meneruskan perjuangan UMM untuk lebih maju dan meningkatkan kualitas di segala bidang, baik dari sisi kurikulum pendidikan, infrastruktur, layanan mahasiswa, kerjasama, ekspansi dan program-program internasional.

Rektor UMM bertekad untuk menjadikan UMM sebagai kampus berbasis IT, sehingga semua layanan akademik, finansial, administrasi, dan lain sebagainya lebih efektif dan efisien.

Beberapa penghargaan juga sudah diraih UMM, termasuk Akreditasi Sangat Baik dalam pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dari Dikti.  Selain itu, UMM masuk dalam kategori Bintang 2 (**) QS-Stars.
Pada tahun 2018, UMM juga menerima penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) ke 11 serta AKU Kartika ke 3 kalinya pada 2017 dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. (Rfl)

 

Baca Juga :  Kalian Wajib Tahu! Iniloh 641 Titik Lokasi Tes CPNS 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *