Iniloh Perbedaan Pendidikan Akademik, Vokasi dan Profesi

INFOKAMPUS.NEWS – Sebelum kamu bingung ingin kuliah di mana dan jurusan apa yang akan kamu pilih, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. dilansir melalui Rencanamu.id ada beberapa jenis pendidikan yang berlaku di Indonesia.

Berdasarkan Undang-undang no 20 tahun 2003 mengenai sistem pendidikan Nasional, ternyata pendidikan tinggi di Indonesia terdiri dari 3 jenis pendidikan, yaitu pendidikan Akademik, pendidikan vokasi dan pendidikan profesi/ahli.

Pendidikan akademik merupakan sistem pendidikan yang mengarahkan pada penguasaaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan seni tertentu. Saat kamu memilih pendidikan Akademik, kamu lebih banyak mendapatkan teori dibandingkan praktik, perbandingannya 60:40. Nanti ketika lulus kamu akan mendapatkan gelar sarjana yang diikuti oleh bidang keahlianmu.  Pendidikan akademik sendiri mencakup program Pendidikan Sarjana, Magister, dan Doktor.

Pendidikan Vokasi adalah pendidikan yang mengacu kepada penguasa terapan tertentu. dengan demikian pendidikan terapan yang kamu dapatkan akan lebih banyak praktik dibandingkan teori. pendidikan vokasi merupakan kebalikannya dari pendidikan adakemik, praktik dan teorinya berbanding 60:40.

Baca Juga :  Kominfo Larang 11 Data Ini Disebar di Media Sosial

Pendidikan Vokasi mencakup program pendidikan Diploma I (D1), Diploma II (D2), Diploma III (D3) dan Diploma IV (D4). Nantinya ketika kamu lulus, kamu akan mendapatkan gelar Vokasi ahli Pratama (A.P) Ahli Muda (A.Ma) Ahli Madya (A.Md) serta Sarjana Terapan (S.Tr).

Sementara itu pendidikan profesi merupakan lanjutan dari pendidikan akademik, ketika kamu sudah mendapatkan gelar Sarjana (S1). pendidikan profesi dipersiapkan untuk peserta didik agar memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dan juga mendapatkan gelar profesi / keahlian tertentu.

Di Indonesia sendiri gelar profesi diatur oleh senat perguruan tinggi dan organisasi profesi berdasarkan standar profesi yang terkait dan ditulis di belakang nama yang berhak, gelar profesi yang sudah ada di Indonesia antara lain, Akuntan (Ak.) Konsultan Pajak (B.K.P), Apoteker (Apt.), Dokter (dr.) Perawat (Ners,), Psikolohi (Psi.) dan masih banyak lagi. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *