Iniloh Total Keseluruhan Jumlah Pendaftar UTBK 2019 Gelombang II

Infokampus.news – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang kedua resmi ditutup kemarin (01/04). Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK adalah salah satu syarat untuk mendaftar Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Total keseluruhan Jumlah Pendaftar pada gelombang kedua ini total mencapai 588.888 siswa dengan kelompok ujian Saintek sebanyak 300.477 siswa dan kelompok ujian soshum 288.411 dengan status reguler sebanyak 410.896 serta melalui jalur bidikmisi sebanyak 177.992 siswa.

Sementara untuk gelombang pertama sebanyak 755.593 pendaftar “Penutupan UTBK gekombang 1 data terakhir 755.593 yang akan dilayani dan distribusi pada 73 lokasi,” kata Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi.

Pelaksanaan UTBK untuk peserta pendaftar gelombang pertama dilaksanakan pada 13 April – 4 Mei 2019, sedangkan tes gelombang kedua tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019. Ujian diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, sebanyak 10 kali. Setiap hari terdapat dua sesi tes, yaitu pagi dan siang sebanyak 20 sesi (kecuali hari libur nasional).

Tahun ini, UTBK yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi dapat dilakukan lebih dari 1 (satu) kali. Peserta mengikuti maksimal 2 (dua) kali tes, dan hasil tes diberikan secara individu 10 (sepuluh) hari setelah pelaksanaan tes. Apa saja yang akan diujikan?

Menristekdikti menjelaskan, UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).  (Jul)

 

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *