Iniloh yang Dipelajari Mahasiswa DKV, Penasaran?

Infokampus.news – Desain Komunikasi Visual (DKV) menjadi salah satu progrma studi yang banyak diincar selama beberapa tahun terakhir. peluang kerja lulusannya semakin luas, mengingat komunikasi visual kini memegang peran penting di berbagai aspek kehidupan.

Identik dengan hal-hal berbau artistik, sebenarnya apa ajasih yang di pelajari mahasiswa DKV?

Profi DKV adalah versi mutakhir dari desain grafis. jika desain grafis hanya visual 2D di media cetak, DKV merambah versi 3D dan visual bergerak yang kini lebih luas cakupannya. hampir semua pergruuan tinggi sudah mengganti dama prodi Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual. prodi ini gak hanya cocok buat calon mahasiswa yang punya minat tinggi pada dunia seni saja loh. kamu yang terampil di bidang fotografi, videografi, dan mahir mengoperasikan grafis juga cocok masuk ke prodi ini. kamu bisa memoles keahlianmu jadi makin baik.

Pada dasarnya DKV adalah cabang ilmu komunikasi. jika masih banyak orang menganggaop mahasiswa DKV harus jago menggamabr, anggapan ini perlu dilupakan. DKV tidak hanya soal seni visual saja, namun menggabungkan ilmu komunikasi dengan unsur estetika. bagaimana sebuah karya visual mampu menyampaikan pesan tepat sasaran.

Baca Juga :  Kemenristekdikti Buka Program Sertifikasi Guru Mandiri, Berikut Rincian Biaya yang Harus Kamu Keluarkan

Sebelum diubah namanya menjadi DKV dari Desain Grafis, prodi ini lebih dulu dikenal sebagai jurusan periklanan. mahasiswa dan lulusan DKV dibekali dengan kemampuan mempubliasikan suatu ide atau proyek lewat karya visual.

Jangan dikira mudah, unsur visual ada banyak komponennya seperti warna, tekstur, bentuk, huruf, ruang, padaun dari kelimanya, dan masih banyak lagi.

Unsur-unsur tersebut akan diolah menjadia banyak bentuk mulai dari foto, video, logo, ilustrasi, hingga desain website. ini sebabnya orang-orang DKV makin banyak dicari, kebutuhan iklan dan publikasi meningkat pesat di era media sosial.

Tidak cukup mahir menghasilkan karya visual saja, kuliah di prodi DKV juga akan mengajarkan dasar-dasar visual publikasi. sebuah karya harus memuat pesan yang infromatif secara efektif. dibalut dengan kreativitas, karya visual jadi punya fungsi komunikatif bagi pemirsanya.

Jika dasar-dasar menghasilkan karya visual dan publikasinya sudah dipelajari, biar tepat sasaran dibutuhkan yang namanya strategi. ada mata kuliah tentang bahasa visual yang wajib dipelajari mahasiswa DKV.

Tujuannya agar visual branding yang dihasilkan bisa memuat ifnormasi secara efektif dan komunikatif. seperti saat membuat video iklan untuk baju muslim wanita. misalnya memilih model, lokasi pengambilan video, dan menyusun adegan adalah beberapa contoh bahasa rupa.

Baca Juga :  Kesuksesan UM sebagai Tuan Rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE 2019) di Malang. Simak Yuk!

Simpelnya, bahasa rupa adalah cerita atau pesan yang disampaikan sebuah karya lewat seni visual. jadi orang yang menyaksikannya bisa menangkap apa yang dimaksud oleh karya tersebut tanpa perlu diberi petunjuk khusus atau disertai percakapan, seru kan? (Jul)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *