Inovasi Alat Musik Virtual Ini Bantu Anak Jalanan

Infokampus.news – Tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang terdiri atas Ilvy Wiliyanti, Adista Dinastari, dan Chervilia Pradita, menciptakan sebuah permainan alat musik virtual dengan memanfaatkan cahaya. Uniknya, inovasi tersebut justru berguna bagi anak-anak jalanan di sebuah sanggar.

Di tangan Ilvy dan kedua rekannya, inovasi tersebut mampu menghasilkan tujuh tangga nada lengkap. Alat musik virtual itu pun kemudian diberi nama laser instrumental dan menjadi instrumen virtual untuk mengiringi lagu yang akan dimainkan anak-anak Sanggar Alang-Alang ketika pentas.

“Alat ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton sehingga menjadi nilai lebih bagi anak-anak tersebut,” tutur Ilvy, dinukil dari laman ITS, Rabu (28/12/2016).

Laser instrumental sendiri memiliki bentuk menyerupai harpa. Ilvy menjelaskan, sebelumnya inovasi tersebut sempat gagal di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

“Alat tersebut masih butuh perbaikan di beberapa bidang, termasuk desain,” sebutnya.

Meski gagal di Pimnas, permainan instrumen virtual itu justru memenangkan juara harapan pertama dari lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional yang diadakan oleh mahasiswa Bidikmisi seluruh indonesia. Ilvy berharap, laser instrumental ke depan bisa digunakan anak-anak jalanan.

“Kami butuh inovasi desain kemasan agar alat musik ini mampu mewarnai dunia seni dan menjadi daya dukung di Sanggar Alang-Alang,” tukasnya. (FAM)

 

Sumber: ITS

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ciptakan e-Gamelan, Kampus Ini Raih Penghargaan

Ciptakan e-Gamelan, Udinus Semarang meraih penghargaan dari Kemristekdikti sebagai perguruan tinggi yang melestarikan warisan budaya.

Close