International Culture Conference : Ayo Sebarkan Budaya Indonesia ke Seluruh Dunia

Infokampus.news, Malang – Di era global, ketika budaya asing begitu mudahnya masuk dengan berbagai cara, eksistensi budaya Indonesia harus tetap unggul dan tidak tergerus pergerakan budaya luar. Dengan keberagaman budaya yang melimpah, Indonesia harusnya menjadi negara yang dominan menyebarkan budayanya kepada negara-negara lain.

Dosen Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Brawijaya (FISIP UB) Cyril Bernard Durafour mengatakan, Indonesia mempunyai kebudayaan yang unik yang sudah seharusnya diperkenalkan dan di tunjukkan kepada dunia. Ia yakin budaya unik dari segi seni dan keterampilan Indonesia bisa menjadi daya tarik tersendiri yang membuat masyarakat dunia tertarik untuk mempelajarinnya.

“Budaya Minang, lalu attitude orang Indonesia yang ramah, serta musik-musik Indonesia seperti ayam den lapeh itu sangat unik dan bisa menjadi budaya yang besar di dunia,” kata Cyril Bernard saat menghadiri Seminar International Culture Conferrence di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya, Selasa, 1 November 2016.

Culture Shock, Adaptasi dalam Budaya Baru

Bila kita berada di negara lain, tentu kita akan melihat budaya yang berbeda dengan negara asal. Hal yang sama diungkapkan oleh Siti Zarithsyafiqah Mahasiswi Fakultas Kedokteran UB yang berasal dari Malaysia. Ia mengaku awalnya mengalami culture shock ketika datang Indonesia dan menjalani kebudayaan baru yang berberda dari kebudayaan negeri asalnya.

Baca Juga :

“Kebiasaan yang saya temukan berbeda yaitu ketika budaya disiplin di Indonesia berbeda dengan di negara asal saya. Saya rasa kita harus meningkatkan rasa tanggung jawabnya,” ungkapnya di acara Seminar Internasional Culture Conference.

Dalam Seminar International Culture Conference “Spreading Your Cultural Wings” yang bertempat di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya kali ini juga menghadirkan seniman, penari maestro Indonesia, Didik Nini Thowok sebagai pemateri.

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu Larasati

Foto : Ucha – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Beasiswa S2 Dalam Negeri
Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri 2017 – 2018!

Beasiswa S2 dalam negeri kini semakin banyak pilihan. Satu per satu muncul program beasiswa baru dan semoga saja terus bertambah,...

Close