International Student Day, Ajang Perkenalan Mahasiswa Asing di UB

Infokampus.newsInternational Office Universitas Brawijaya (UB) bekerja sama dengan AIESEC UB baru saja menggelar International Student Day. Acara ini ditujukan untuk memperkenalkan mahasiswa asing yang berkuliah di UB kepada mahasiswa lokal. Acara ini dilatarbelakangi karena kurang tereksposnya mahasiswa asing yang berkuliah di UB. Oleh sebab itu, UB merasa ada kewajiban untuk memperkenalkan mereka pada seluruh masyarakat UB.

Hal ini diamini oleh Omar Ghifari selaku Ketua Pelaksana International Student Day. Menurutnya, acara seperti ini perlu diadakan secara rutin mengingat pentingnya menjalin hubungan dengan masyarakat internasional. Keberadaan mahasiswa asing di UB perlu lebih diperkenalkan agar mereka dapat lebih dekat dengan mahasiswa lokal. “Kalau misalkan kita lihat di universitas lain, di luar maupun dalam negeri, anak-anak mahasiswa asing dengan mahasiswa lokalnya lebih dekat. Sedangkan di UB ini, aku yang sebagai ketua pelaksana juga baru tahu kalau ada mahasiswa asing di UB.”, ujar mahasiswa Hukum 2016 ini.

Acara seperti ini diharapkan mampu menciptakan kedekatan antara mahasiswa asing dan lokal di UB. “Maka dari itu, international office melihat perlu adanya platform yang membuat mahasiswa asing bertemu, berteman, dan menjalin network dengan masyarakat Indonesia-nya itu sendiri.”, tambah Omar.

Lewat Ajang Ini, Mahasiswa Asing Kenalkan Budayanya pada Mahasiswa Lokal

Menurut Omar, International Student Day merupakan gelaran penting bagi mahasiswa asing. Selain ajang perkenalan secara personal, acara ini juga menjadi ajang unjuk gigi mahasiswa asing untuk menampilkan budayanya masing-masing.

“Disini kita sediakan booth-booth. Itu mereka memperlihatkan atau showcase tentang culture mereka. Setelah itu mereka harus mempresentasikan budaya mereka di depan. Kemudian nanti juga adanya perform dari mereka.”, tutur Omar.

International Student Day bagi Omar merupakan acara yang penting untuk diadakan secara rutin. Mengingat sekarang sudah memasuki era globalisasi, maka sudah menjadi hal penting bagi mahasiswa Indonesia untuk bergaul dengan mahasiswa asing. “Kalau kita di universitas kita cuman main sama orang Indonesia, nggak ada teman dari luar, kalian akan kalah dengan teman-teman kalian yang punya network dari luar.”, tutup Omar. (sig)

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanaman Organik Bebas Hama dan Lebih Bernutrisi dengan Vermikompos Ala Dosen UNISMA Ini

Agar produksi tanaman organik lebih melimpah, lebih bernutrisi dan bisa bebas dari hama penggunaan pupuk juga perlu

Close