Intip Pola Ujian SBMPTN 2016 CBT Yuk!

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan metode computer based test (CBT) tahun ini akan dilaksanakan untuk pertama kalinya. Guna menjamin kelancaran ujian berbasis komputer itu, panita SBMPTN 2016 telah menyiapkan beberapa hal, dari mulai lokasi, teknis, hingga software yang mampu dioperasikan peserta dengan mudah.

Panitia SBMPTN CBT 2016, Tri Hanggono Achmad dalam konferensi pers SBMPTN 2016 mengungkapkan, sebelum pelaksanaan ujian CBT, para peserta dapat melihat pola ujian dengan mengunduh mini tes di laman SBMPTN. Hal ini bertujuan supaya para peserta mampu memahami mekanisme sehingga tidak terjadi kesalahan saat ujian yang sesungguhnya.

“Ujian CBT menyediakan waktu bagi setiap peserta untuk latihan, jadi semacam uji coba. Latihan tes dalam CBT dirancang sedemikian rupa sehingga peserta dapat dengan segera menguasai tata cara CBT,” ujar Tri Hanggono di Gedung D Kemristekdikti, Jakarta, baru-baru ini.

Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) itu menjelaskan, jumlah peserta SBMPTN CBT berbeda di masing-masing lokasi ujian. Sedangkan pada ujian tertulis atau paper based test (PBT), setiap ruangan memiliki jumlah peserta yang sama sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga :  Angkat Kisah Nyata, Cokelat Band Ambil Tema “Bisa Tidak Bisa Harus Bisa" di Vidio Klip Terbarunya

“Yang CBT, nanti kami akan sediakan peta lokasi dan ruang tesnya. Supaya peserta punya bayangan seperti apa ruangannya,” terangnya.

Ketika mendaftar, lanjut dia, peserta akan diberi pilihan antara CBT atau PBT. Kemudian, ketika memilih wilayah lokasi ujian akan terlihat apakah kuota CBT masih tersedia atau tidak. Jika sudah habis, otomatis peserta harus mengikuti SBMPTN PBT.

“Memang kuota CBT terbatas, siapa cepat memdaftar, dia dapat. Ketika suatu panlok ada PBT dan CBT tentu bisa pilih salah satu, selama CBT masih tersedia,” tandasnya.

Pantia SBMPTN 2016 telah menentukan 30 universitas negeri di 23 kota dan 19 provinsi di Indonesia sebagai penyelenggara SBMPTN CBT. Sebanyak 30 kampus tersebut mampu menampung 2.500 peserta SBMPTN CBT. (FA)

 

Sumber: news.okezone.com

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *