Intip Yuk! Lima Hal yang Identik Dengan Mahasiswa Baru

Infokampus.news – Euforia menjadi mahasiswa baru selalu dirasakan di awal-awal masa kuliah. Pertama kali merasakan kuliah, ngekos, bertemu dosen, hingga bergabung dalam organisasi kampus menjadi momen-momen yang ditunggu para mahasiswa baru tersebut.

Semangat di hari-hari pertama kuliah identik dengan mahasiswa baru. Berikut ini hal-hal yang umumnya dialami oleh mahasiswa baru saat menyambut tahun pertama di kampus.

1. Tepat waktu

Mahasiswa baru umumnya tak ingin terlambat di hari pertama kuliah. Mereka tak ingin memberikan kesan buruk terhadap dosen. Selain itu, sebagian mahasiswa juga ingin duduk di barisan depan supaya dapat memperhatikan perkuliahan dengan jelas.

2. Rajin mencatat

Ketika dosen mengajar suatu materi, mahasiswa baru akan mencatat poin-poin penting yang dijelaskan. Buku catatan beserta alat tulis yang masih baru menjadi semangat sendiri dalam mencatat materi kuliah. Sedangkan bagi mahasiswa tingkat atas, umumnya mereka hanya mencatat hal-hal yang benar-benar penting. Sedangkan untuk materi kuliah lainnya, mereka lebih memilih untuk meng-copy slide atau meminjam catatan teman.

Baca Juga:

3. Ikut banyak organisasi

Banyak manfaat bergabung dalam organisasi kampus. Pemikiran tersebut membuat mahasiswa antusias untuk mengikuti berbagai kegiatan dan organisasi kampus. Semester awal memang saat yang tepat untuk ikut organisasi lantaran tugas kampus belum terlalu banyak.

4. Belum hafal daerah kampus

Mahasiswi Unika Atma Jaya, Ruth menceritakan, butuh waktu sekira satu semester untuk hafal setiap ruangan di kampusnya. Nah, hal ini juga dirasakan oleh mahasiswa baru lainnya. Maka tak jarang mereka kerap salah masuk kelas di hari pertama kuliah. Belum lagi jika ada keperluan, seperti menemui dosen di tempat atau ruangan tertentu.

5. Takut dengan senior

Meski sudah tak ada perpeloncoan atau senioritas, mahasiswa baru lebih memilih untuk tidak cari masalah dan bertingkah sopan dengan seniornya. Kendati demikian, sebagai mahasiswa baru kamu tak perlu merasa takut, apalagi jika tidak melakukan kesalahan. (FA)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fakultas Kedokteran UIN Jakarta Terima 50 Penghafal Al-Qur’an!

Sebanyak 50 calon mahasiswa dari berbagai pondok pesantren di seluruh Indonesia yang hafal Al Quran di fakultas kedokteran UIN Jakarta

Close