Keren! Mahasiswa IPB Kembangkan Produk Kaus Cerita Rakyat

Infokampus.news – Empat mahasiswa Institut pertanian Bogor (IPB) yaitu Dianika Aditya Mustaqiem, Muhammad Alif Hanif Afif, Rizal Fikri Alamsyah, dan Irfan Nugraha berhasil mengembangkan produk kaus cerita rakyat, yakni kaus dengan desain yang mengangkat tema cerita rakyat.

Keempat mahasiswa IPB yang berasal dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan di bawah bimbingan Iyep Komala, S.Pt, M.Si menggagas sebuah inovasi untuk dapat melestarikan kembali cerita rakyat yang merupakan salah satu bagian dari kebudayaan Indonesia. Inovasi ini diberi nama “Dirgantara”.

Dirgantara merupakan inovasi brand pakaian yang mengangkat cerita rakyat sebagai desain utama dari produknya. Dianika Aditya menjelaskan, “Terbatasnya pengenalan cerita rakyat dan cara penyampaian yang tidak menarik membuat banyak cerita rakyat tidak berkembang di generasi muda, jika terus dibiarkan, beberapa cerita rakyat dapat hilang bahkan punah, produk desain Dirgantara akan kami kemas secara modern dan elegan yang akan menjadi salah satu ciri unik pada produk ini.”

“Keunikan lain dari produk kami yakni mencantumkan penjelasan terkait kebudayaan yang diangkat menjadi desain utama pada masing-masing produk. Harapannya produk ini dapat menjadi media pengenalan cerita rakyat Indonesia kepada masyarakat luas terutama generasi muda termasuk turis mancanegara,” tambah Dianika.

Ide kreatif untuk mengangkat cerita rakyat Indonesia ini terinspirasi dari produk industri kreatif yang mengangkat tema Cinta Indonesia seperti kebudayaannya ataupun tentang nasionalisme. Berkat inovasi kreatif Dianika dan timnya, mereka mendapatkan penghargaan dengan terpilihnya produk kaus cerita rakyat ini sebagai Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Kewirausahaan (PKM-K) yang didanai oleh Kemenristedikti RI.

“Menurut kami kalau produk yang ada saat ini baru menyampaikan kebudayaannya secara umum, belum ada yang menjelaskan secara jelas. Dari situ kami terinspirasi untuk membuat produk yang mengangkat tema kebudayaan Indonesia. Khususnya cerita rakyat yang dituangkan dalam bentuk pakaian (kaus) dengan disertai penjelasan dari kebudayaan tersebut supaya informasi terkait kebudayaan itu bisa tersampaikan ke konsumen,” tuturnya.

Untuk ke depannya, produk kaos Dirgantara ini akan dipasarkan secara luas yaitu ke mahasiswa dan kalangan muda di seluruh daerah di Indonesia dan juga turis dari mancanegara. Sampai saat ini produk kaos sudah terjual sejumlah 31 produk yang terdiri 3 desain yang sudah diproduksi anatara lain Gatot Kaca, Lancang Kuning dan Sangkuriang, nah Sobat FoKus dapat membeli produk kaus cerita rakyat ini dengan harga 75 ribu rupiah loh!  (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Sebagai satu-satunya institut pertanian negeri di Indonesia, Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil membuktikan dirinya layak sebagai panutan bagi institut-institut lain. Tak pernah sepi dari prestasi, kampus yang berdiri pada era kolonialisme ini tak henti-hentinya menanamkan dan memanen sumber daya manusia yang berkualitas. Civitas Akademika IPB inilah yang menjadi ujung tombak keberhasilan IPB. Pada pemeringkatan institusi oleh Kemenristekdikti tahun 2017 kemarin, IPB bertengger di jajaran tiga besar. Hal inilah…
  • Infokampus.news - Selera rakyat Indonesia memang tidak jauh-jauh dari makanan pedas, sebab selain mempunyai banyak resep tradisional yang turun temurun, Indonesia juga memproduksi bahan bakunya sendiri. Bahan baku untuk makanan pedas? Apa lagi kalau bukan cabai. Salah satu komoditas pertanian penting di Indonesia ini kini mulai terancam oleh beberapa hal yang menghambat produksinya, antara lain yaitu pola transportasi dan cuaca yang tak menentu serta hama penyakit yang menyerang bukan ketika…
  • pakar dari Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Faperta IPB melakukan penelitian tentang arahan pengembangan perkebunan teh rakyat

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Abon Jerami Nangka
Mahasiswa Unpad Kembangkan Abon Jerami Nangka

Infokampus.news – Mahasiswa program studi Sastra Arab Universitas Padjajaran (Unpad) yaitu Pidi Apriyadi, Muhammad Iwbal, Lisna Afriyanti, Rina Nurul Shobarlah

Close