IPB Siapkan Diri Jadi Tuan Rumah Pimnas 2016!

Infokampus.news – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yaitu seleksi untuk menentukan Program Karya Mahasiswa (PKM) 2016 yang terbaik dari seluruh universitas di tanah air. Acara yang akan dilaksanakan sebentar lagi dan diikuti oleh seluruh peserta se-Indonesia raya ini akan diadakan di kampus IPB Darmaga.

Seperti dilansir dari Pikiran Rakyat, Senin (8/8), Institut Pertanian Bogor sendiri telah menyatakan siap menjadi tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) tahun 2016. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Yonny Koesmaryono mengatakan Pimnas ke-29 ini akan digelar pada tanggal 7-12 Agustus 2016 mendatang.

“Pesertanya 440 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos Pimnas dari seluruh Indonesia,” kata Yonny. Menurut Yonny salah satu hal yang berbeda dari Pimnas kali ini adalah IPB berencana mengundang 20 tim PKM yang mendapatkan pendanaan tapi tidak lolos Pimnas, di luar 440 tim yang lolos Pimnas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi para mahasiswa.

Baca Juga :

Wadahi Kompetisi Besar Dengan Persaingan Yang Sehat

“IPB akan menonjolkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dengan mengedepankan kompetisi yang jujur dan adil. Dari analisis kami, beberapa kompetisi membuat semangat kekeluargaan itu hilang,” ungkap Yonny. Dia juga menyebutkan bahwa dalam Pimnas kali ini IPB ingin membangun kembali budaya scientific yang lebih universal dan juga satu sama lain saling mendukung keilmuannya.

Yonny menyebutkan, Pimnas kali ini merupakan kesempatan kedua IPB menjadi tuan rumah. IPB menjadi tuan rumah Pimnas yang pertama pada Pimnas ke-1 pada tahun 1987. “Setelah beberapa puluh tahun, kesempatan itu hadir lagi,” ujar Yonny.

Persaingan Ketat Namun Akan Menghasilkan Karya Terbaik

Pimnas yang diselenggarakan setiap tahun dengan tuan rumah perguruan tinggi di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa secara bergantian. Disisi lain, untuk menjadi peserta Pimnas, setiap tim mahasiswa (beranggotakan 3-5 orang) harus bersaing dengan puluhan ribu tim lain untuk mendapatkan dana kegiatan dan menghasilkan karya terbaik.

Untuk saat ini Pimnas sendiri terbagi dalam beberapa bidang PKM yakni penelitian, kewirausahaan, pengabdian kepada masyarakat, penerapan teknologi, dan penulisan ilmiah. Selain itu ada juga PKM Artikel Ilmiah dan PKM Gagasan Tertulis. Untuk menghasilkan ini karya diharuskan ide yang masih segar dan juga pengembangan penelitiannya diharapkan berguna bagi masyarakat luas. (ir)

 

Sumber : pikiran rakyat

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lowongan Kerja PT Indonesia Power, Berminat?

Lowongan Kerja PT Indonesia Power kembali dibuka salah satu anak perusahaan yang menjalankan usaha pembangkitan tenaga listrik

Close