iPhone 12 Akan Resmi Rilis! Siap-Siap Rogoh Kocek Yang Dalam

INFOKAMPUS.news, NASIONAL– Apple resmi meluncurkan iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro dan 12 Pro Max pada oktober bulan lalu melalui sebuah acara virtual bertajuk “Hi, Speed”.

iPhone 12 memang menjadi salah satu produk apple terbaru yang dibuat menggunakan bahan lebih baik. Apple mengklaim ponsel ini sebagai ponsel hemat energy dan telah memenuhi persyaratan Kementerian Energi Amerika Serikat untuk sistem daya baterai.

Dilansir dari laman resmi Apple.com, iPhone 12 menonjolkan manufaktur ramah lingkungan. Pihak Apple mengatakan bahwa pihaknya menerapkan program zero waste. Dengan program tersebut, apple sekaligus membantu para pemasok untuk menghilangkan limbah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir sampah.

Pihak Apple mengklaim jika semua situs pemasok perakitan akhir kini tengah beralih ke peggunaan 100% energi terbarukan untuk produksi apple. Pengemasan iPhone 12 juga dirasa lebih bertanggung jawab karena sebagian besar mengandung serta dapat didaur ulang.

Produsen iPhone ini juga tengah mengggaungkan konsep daur ulang. Apple mengaku untuk berkomitmen membuat produk tanpa memboroskan sumber daya alam dari bumi. Selain  itu apple juga ingin mencapai status bebas karbon di seluruh bisnis termasuk produk iPhone pada tahun 2030.

Di Indonesia sendiri, meski informasi hadirnya iPhone 12 masih misterius. Ada sejumlah rumor yang menyebutkan bahwa deretan iPhone terbaru itu akan diluncurkan pada bulan desember di tanah air.

Dari hasil pantauan tim satukanal.com, sejumlah sumber mengatakan bahwa iPhone 12 akan meluncur di Indonesia pada 18 Desember atau mundur dua minggu dibanding rumor sebelumnya yaitu 4 Desember.

Rumor lain yang juga tak kalah menarik menyebutkan bahwa pada tanggal tersebut, apple bakal merilis empat model iPhone 12 sekaligus di Indonesia.  Namun, rumor ini belum bisa dipastikan lantaran sebelumnya iPhone 12 dirilis dalam dua tahap yaitu iPhone 12 dan 12 Pro lebih dulu (oktober) serta iPhone 12 Mini dan 12 Pro Max kemudian (November).

Keberadaan iPhone 12 di Indonesia yang semakin terendus juga diperkuat dengan izin yang diberikan pemerintah yakni Kementerian  Perisdustrian (Kemenperin) dan kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

IPhone 12 (A2399), 12 Mini (A2403), 12 Pro (A2407), dan 12 Pro Max (A2411) telah mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan nilai 30 persen dari kemenperin. Untuk dapat lolos, bobot TKDN sebesar paling tidak 30 persen adalah salah satu syarat bagi ponsel 4G untuk bisa dipasarkan di Indonesia.

Sementara dari Kemenkominfo, melalui sistem Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi (Sirani), keempat nomor model iPhone 12 di situs Kemenperin tadi juga sudah mendapatkan izin penggunaan frekuensi radio.

Sedangkan, apabila menggacu pada runtutan waktu sebelum-belumnya, iPhone terbaru akan dijual di Indonesia dalam kurun waktu dua atau tiga bulan setelah mendapat sertifikat TKDN. Jadi jika iPhone 12 mendapat sertifikat TKDN pada akhir oktober 2020 maka besarkemungkinan bahwa iPhone 12 dijual resmi sekitar akhir Desember 2020 di Indonesia atau awal januari 2021 (mungkin saja 18 desember).

Kabar rilisnya iPhone 12 ini juga memunculkan berbagai prediksi harga ponsel pintar ini. Bila mengacu pada harga iPhone 11 yang dirilis Desember tahun lalu, perbedaan harga antara Indonesia dan Singapura kisaran Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Semakin tinggi memori menyimpanan maka selisihnya kian tinggi. Selain itu nilai kurs turut pula mempengaruhi.

Berdasarkan hal tersebut, harga iPhone 12 Mini 64 GB kemungkinan Rp 13 jutaan. Untuk versi tertingginya 256 GB besar kemungkinan harganya kisaran Rp 16 jutaan. Harga iPhone 12 64 GB kemungkinan Rp 14 jutaan. Sementara versi 256 GB dibanderol Rp 17 jutaan.

Bagi para pembaca satukanal.com  yang igin mengetahui informasi terkait iPhone 12 dapat dilihat di situs Apple.com berbahasa Indonesia. Dari situs tersebut bisa terlihat spesifikasi lengkap keempat varian iPhone 12 secara lebih detail dan rinci. Sayangnya, untuk informasi ketersediaan iPhone 12 situs tersebut masih menampilkan informasi “Cek kembali untuk informasi ketersediaam”. Hal ini menandakan bahwa ketersediaan deretan iPhone masih belum bisa dipastikan di Indonesia.

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Fokus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *