IPK Rendah, Tidak Perlu Minder! Hal hal Ini Bisa Kamu Lakukan

Infokampus.news – Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) menjadi salah satu hal yang harus diperjuangkan mahasiswa selama menjalani kuliah. Dengan IPK yang tinggi, tentu akan membawa mereka lebih percaya diri dengan prestasi akademik yang berhasil diraihnya.Namun, bagaimana jika IPK yang kamu miliki tidak sebesar yang kamu harapkan? Nah untuk hal ini kamu tidak perlu khawatir. Karena walau IPK patut diperjuangkan, tidak berarti kamu merasa minder. Ini alasannya memiliki IPK rendah pantang membuatmu minder.

Baca Juga:

IPK Bukan Segala-galanya

Saat menjadi mahasiswa, kamu pasti akan menganggap bahwa IPK adalah segala-galanya. Padahal usai lulus kuliah, bukan IPK saja yang akan menjadi penilaian. Perilaku, keaktifan organisasi sampai pengalaman juga menjadi faktor lainnya yang perlu kamu perbanyak.

Kesuksesan Tidak Diukur dari IPK

IPK yang tinnggi tidak menjamin seseorang meraih kesuksesan mereka. Karena itu, jangan merasa minder dengan IPK yang rendah. Mumpung masih tersisa beberapa semester lagi, berusahalah lebih keras untuk mendapatkan IPK lebih baik.

Mendapatkan beasiswa ke luar negeri

Kesempatan melanjutkan pendidikan ke luar negeri bukan hanya milik mereka yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi. Kamu yang memiliki IPK rendah pun bisa mendapatkannya seperti kisah yang dituliskan Nurul Widyaningrum dimilis beasiswa Yahoo “Pengalaman saya dan juga kakak saya, IPK kami di bawah persyaratan adminsitrasi tapi kami masih bisa dapat beasiswa keluar. Saya sendiri mensiasati dengan pengalaman kerja dan publikasi, dan juga tentunya skor TOEFL/IELTS”.

Melamar ke perusahaan yang tidak mensyaratkan IPK

Siapa bilang memiliki IPK rendah membuatmu tidak dapat memperoleh pekerjaan yang menjanjikan? Mendapatkan IPK rendah bukan kutukan yang membuat kamu menyerah. Saat ini banyak perusahaan yang tidak lagi mensyaratkan nilai IPK sebagai hal utama dalam menerima pegawai seperti halnya yang dilakukan oleh perusahaan browser terbesar di dunia yaitu google.

Berwirausaha

Sekali lagi IPK bukan penghalang bagimu untuk memiliki karir yang cemerlang. Membuka bisnis sendiri alias berwirausaha adalah hal yang bisa kamu coba. Banyak tokoh-tokoh dunia seperti Bill Gates, Steve Jobs bahkan si pendiri Facebook memiliki latar belakang pendidikan yang kurang memuaskan.

Namun pada akhirnya bisa mendirikan perusahaan yang bernilai jutaan dollar. Kamu pun bisa mencobanya tapi tetap inget bahwa semuanya butuh kerja keras dan nggak ada yang instan.

Itu tadi hal-hal yang bisa kamu lakukan sehingga kamu tidak perlu khawatir lulus dengan memiliki IPK yang rendah selama kamu tidak menyerah dan selalu berani mencoba hal baru. (FA)

 

Sumber: Okezone

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Genjot Materi Publikasi Penelitian, Unair Datangkan Peneliti dari Harvard!

Berbagai cara untuk mengembangkan materi publikasi penelitian pun dilakukan termasuk yang dilakukan oleh Universitas Airlangga (Unair).

Close