Isi Seminar UNIKAMA, Faisal basri Sampaikan Pandangannya Terhadap Ekonomi Indonesia Saat Ini

Infokampus.news, Malang – Ekonom dan Dosen Senior Universitas Indonesia, Dr. Faisal Basri mengatakan bahwa saat ini perkonomian Indonesia makin tertinggal di banding negara-ngera lain di dunia. Dari materi presentasi yang di tunjukannya kepada peserta Seminar Nasional Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA), Dirinya menyoroti kondisi Indonesia yang posisi tingkat ekspornya makin tahun semakin turun. Bahkan disampaikan Faisal Basri, Indonesia menjadi negara selain singapura yang mengalami penurunan tren dalam jumlah ekspor. Padahal menurutnya, Negara yang kaya akan sumber daya layaknya Indonesia seharusnya tidak layak jika angka ekspor barang dan jasanya menurun.

“Bahkan kita satu-satunya negara besar yang angka ekspornya menurun. Negara India saja naik, masa Indonesia yanh negaranya kaya akan hasil alam tidak ada yang bisa di ekspor ke luar negeri ini kan bahaya,” Paparnya

Faisal Basri : Indonesia Kaya Tapi Kok Banyak impor

Bahkan Ekonom Universitas Indonesia itu menyesalkan kondisi Indonesia saat ini yang lebih banyak mengimpor dari negara luar. Ini menjadi berbahaya dimana ketahanan ekonomi Indonesia terhadap global bisa jadi makin melemah. Bahkan, produk produk barang impor yang banyak ditemui masyarakat di pasaran itu seharusnya bisa Indonesia produksi sendiri karena sumber daya Indonesia melimpah.

“Kemarin di pasaran ada produk minuman impor dari Tahiland, minuman tersebut adalah minuman rasa tamarin atau Asem Jawa. Bayangkan, masa kita minum minuman asem jawa saja harus jauh-jauh Impor ke Thailand. Ada lagi kita impor produk kacang ke Malaysia, kalau begini ya garudafood sama dua kelinci bisa mati kalau kita makanan kacang saja musti makan punyanya luar negeri,” Ungkapnya.

Pemimpin Indonesia Dimasa Depan Harus Dari Kalangan Wirausahawan

Sementara itu, Dosen Senior Ekonomi Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ubud Salim mengatakan untuk menjaga ketahanan ekonomi Indonesia dirinya mengharapkan muncul kalangan pemimpin yang berasal dari kalangan wirausahawan. Karena menurutnya, wirausaha dinilai mampu membangkitkan gairah ekonomi di Indonesia kembali. Untuk itu harapannya para mahasiswa agar giat berwirausaha sejak dini dan berani masuk dalan kalangan pemimpin negara kedepannnya.

“Saya harap kedepannya muncul pemimpin dari kalangan wirausahawan, karena wirausahawan dapat diyakini bisa menggairahkan perekonomian Indonesia. Mungkin mahasiswa UNIKAMA yang hadir disini bisa jadi salah satu bibit pemimpin Indonesia dikemudian hari,” ujarnya. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hari Pertama, Tes Keterampilan SBMPTN Belum Capai Target 100%

Tes keterampilan SBMPTN 2017 serentak dimulai hari ini Rabu (17/05), namun demikian ada beberapa PTN yang mengadakan tes esok hari....

Close