10 Istilah Perkuliahan yang Wajib Diketahui oleh Para Maba!

Infokampus.news, Nasional– Ada Istilah Perkuliahan yang perlu diketahui oleh para mahasiswa baru alias maba sebelum mulai masuk kuliha. Apalagi, sebentar lagi masa perkuliahan akan segera dimulai.

Nah, bagi kalian para mahasiswa baru yang baru mengenal dunia kampus ada istilah perkulihan yang wajib diketahui. Istilah-istilah perkuliahan ini kerapkali digunakan selama di kampus. Agar kalian tidak bingung, simak ulasannya berikut.

Daftar Istilah Perkuliahan

Siap menjadi anak kuliahan, artinya siap juga untuk mempelajari hal baru dan upgrade wawasan. Namun, sebelum kamu fokus mengejar nilai, alangkah baiknya kalau kamu upgardedulu wawasan paling esensial seputar dunia kuiah dimualai dari mengakrabkan diri dengan istilah perkuliha di bawah ini.

1. KTM

KTM atau kartu tanda mahasiswa merupakan kartu tanda pengenal seperti halnya Kartu Pelajar saat kalian berada dibangku sekolah.

Adapun ungsi dari KTM adalah sebagai penanda bahwa kalian merupakan mahasiswa dari suatu Universitas, dapat juga kalian menggunakan KTM untuk meminjam buku di perpustakaan ataupun berbagai macam fasilitas kampus yang mengharuskan menggunakan KTM.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Website Freelance Indonesia yang Bisa Kamu Coba, Auto Tambah Cuan!

2. KRS

Istilah Perkuliahan selanjutnya adalah KRS. KRS digunakan untuk mengistilahkan kartu rencana studi. Sebagian besar kampus di Indonesia, menggunakan istilah umum ini. Meskipun, ada juga kampus yang tidak menggunakan istilah ini.

Kartu Rencana Semester merupakan catatan mata kuliah yang kalian ambil dalam satu semester. KRS bisa kamu rencanakan sendiri namun pastikan kalian melakukan konsultasi kepada Dosen Pembimbing atau Kakak Tingkat yang sudah lebih berpengalaman.

3. SKS

SKS merupakan Satuan Kredit Semester. SKS biasanya dipakai saat mulai memasuki sementer perkuliahan, kalian diharuskan untuk menentukan mata kuliah apa saja yang ditempuh dalam satu semester.

Kalian bisa menentukan sendiri mata kuliah yang kalian inginkan selama satu semester sesuai dengan jumlah SKS yang kalian miliki. Biasanya setiap semester mahasiswa mendapatkan 18-24 SKS tergantung dari Universitas masing-masing yang menentukan.

4. IPS

IPS singkatan dari. Indeks Prestasi Semester. IPS atau IP merupakan hasil nilai rata-rata dalam satu semester yang bisa diunduh melalui web kampus berupa huruf A hingga E dalam penilaiannya.Dengan kata lain, IPS hampir seperti rapot saparti kalian saat ada di bangku sekolah hanya saja bentuknya saja yang berbeda.

Baca Juga :  10 Skill Fresh Graduate yang Harus Dimiliki, Memudahkan Untuk Diterima Kerja

5. IPK

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan nilai dari setiap mata kuliah yang kalian ambil dari semester pertama hingga semester akhir. Nilai yang tertulis dalam IPK berupa angka dari 1,00 hingga 4,00 sebagai nilai terbaik atau nilai sempurna.

6. SP

Istilah Perkuliahan berikutnya adalah SP. SP di dunia perkuliahan adalah singkatan dari “Semester Pendek.” Itu adalah waktu belajar tambahan opsional yang ada di antara semester genap dan semester ganjil.

Biasanya, mahasiswa memanfaatkan SP yang durasinya sekitar 2-3 bulan untuk mengulang mata kuliah yang nilainya dirasa kurang memuaskan. jadi, dengan mengulang melalui SP tidak akan mengganggu mata kuliah yang hendak di mabil di semester selenjutnya.

7. Cum laude

Cum laude merupakan gelar yang diberikan pada mahasiswa yang berhasil lulus teapt waktu dengan IPK tinggi, yang secara harfiah berarti “dengan pujian.” Untuk d03 dan S-1 harus di atas 3.50 dan S2/S3 harus di atas 3.75.

8. BEM

BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan organisasi kemahasiswaan. Kalau di SMA yakni semacam OSIS. Dalam pelaksanaannya, ada BEM yang mencakup tingkat fakultas dan ada pula BEM yang mencakup tingkat perguruan tinggi melansir dari satukanal.com. 

Baca Juga :  7 Peluang Kerja Teknik Nuklir yang Perlu Diketahui!

9. Asisten Dosen

Asisten Dosen atau biasa disingkat Asdos merupakan mahasiswa atau fresh graduate atau tingkat akhir yang ditugaskan untuk membantu dosen menyiapkan hal-hal terkait kegiatan perkuliahan ataupun proyek penelitian.

10. Cuti Akademik

Cuti akademik merupakan izin yang diberikan oleh pemangku kepentingan perguruan tinggi kepada mahasiswa untuk tidak mengikuti kegiatan akademik selama 6 bulan atau satu semester dengan alasan tertentu. Biasanya, pengajuan cuti akademik maksimal dilakukan dua kali.

Itulah ulasan mengena Istilah Perkuliahan yang perlu kamu ketahui. Bagi kalian para maba sebaiknya mengetahui istilah perkuliahan di atas agar tidak bingung. Sebenarnya masih banyak istilah lainnya, namun istilah-istilah merupakan yan tersering digunakan selama masa perkuliahan. Kalian bisa mencari tahunya sendiri seiring berjalannya perkuliahan. Semoga bergua dan bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.