Isu Radikal Merebak, UB Selenggarakan Kuliah Tamu Bertema Bela Negara

Infokampus.news– Belakangan ini, isu radikalisme kembali menjadi topik hangat di Indonesia. Hal ini kemudian menarik perhatian Menteri Pertahanan Republik Indonesia (RI), Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dan berbagai kalangan masyarakat, termasuk Universitas Brawijaya (UB). Tanggapi isu-isu ini, UB selenggarakan kuliah umum betemakan “Bela Negara dan Deradikalisasi”.

 

Kuliah Umum yang dihadiri oleh 5.000 mahasiswa baru UB ini tujukan agar mereka memperoleh bekal sebelum kuliah proses perkuliahan dimulai. Kegiatan ini diawali dengan penandatanganan MoU antara Kemenhan RI dengan UB lalu,  dilanjutkan dengan acara pemandatanganan kerjasama antara Panglima Divisi 2 Malang  dengan 15 Dekan Fakultas di UB.

 

 

Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu (24/8/2019) di gedung Samantha Krida ini  dihadiri oleh Rektor UB beserta jajarannya yaitu Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan serta Ketua Lembaga. Dirjen Kuathan Kemhan RI, Pangdam V Brawijaya, Pangdifif 2 Kostrad, Danrem 083/BDJ Malang, Danlanud Abd Saleh, Danlanan Malang, Dandim 0838 dan jajaran Forkompimda Malang Raya.

 

Selain adakan kuliah umum, UB juga mengirim mahasiswa baru untuk mengikuti program bela negara di Rindam Brawijaya Malang selama empat hari. Pengiriman mahasiswa baru ini merupakan salah satu wujud kepedulain UB dalam mengatasi persoalan radikalisme di Indonesia.

Baca Juga :  Tingkatkan Kedisiplinan, Ketua Ormawa UWG Ikuti Diklat Character Building

 

Dalam kuliah umum ini, mahasiswa baru diberikan beberapa meteri seputar wawasan kebangsaan, nasionalisme dan semangat bela negara. Sehingga, mahasiswa diharapkan memahami arti penting cinta tanah air dan rasa nasionalisme dalam upaya untuk menangkal radikalisme yang marak pada saat ini. (Rfl)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *