ITB Jadi Salah Satu Kampus Terbaik di Dunia

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang ikut berperan aktif dalam upaya pencerdasan kehidupan bangsa semakin terasa perannya. Lulusan kampus ini laris di dunia kerja, sedangkan berbagai penelitiannya kerap menjadi juara di berbagai ajang, baik tingkat nasional maupun internasional dari hal inilah ITB kini dikenal sebagai salah satu kampus terbaik di dunia.

Baru-baru ini, berdasarkan data QS World University Ranking 2016, ITB berhasil masuk 500 besar kampus terbaik di dunia, yakni berada pada urutan 431. Pencapaian ini sekaligus menjadi kado ulang tahun ke-57 karena sebelumnya ITB hanya berada di peringkat 461.

“Pada usia ke-57 ini ITB terus berupaya untuk masuk 500 institusi pendidikan terbaik dunia. Pencapaian ini sejalan dengan target yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti agar ada perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam 500 besar perguruan tinggi dunia,” ucap Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum ITB, Dr Miming Miharja, seperti dilansir dari laman resmi ITB, Kamis (31/3/2016).

Selain naik peringkat, ITB juga menempati tiga bidang studi elite dunia. Posisi terbaik diraih bidang studi mechanical, aeronautical, and manufacturing engineering yang menempati ranking 201–300. Selanjutnya pada bidang electrical, engineering, and electronics, ITB menempati ranking 252. Sedangkan di bidang computer science and information systems, ITB menempati ranking 401–450.

“Hal ini tidak terlepas dari alumni yang menyumbang prestasi berdasarkan penilaian pengguna. ITB pada Wisuda II 2015–2016 ini akan melepas 88 doktor, 769 magister dan 593 sarjana. Pelepasan alumni baru ini diupayakan dapat kembali menyumbang prestasi bagi ITB,” imbuhnya.

Di Asia, saat ini ITB berada pada posisi 122 dari tahun sebelumnya di posisi 125. Menurut Miming, pencapaian ini merupakan hasil kerja keras civitas akademika ITB yang secara konsisten terus menghasilkan penelitian-penelitian terkini.

Melalui pusat-pusat penelitiannya, ITB telah melakukan berbagai penelitian inovatif, mulai bidang energi terbarukan, teknologi informasi dan komunikasi, perencanaan kota dan infrastruktur, industri kreatif/produk kebudayaan dan lingkungan, hingga nanosains dan teknologi nano.  (FA)

Sumber : news.okezone.com

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Universitas Brawijaya
Minyak Serangga, Karya Membanggakan Mahasiswa Universitas Brawijaya

Satu lagi karya membanggakan dari Mahasiswa jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya.

Close