ITB Kembangkan Inovasi Transportasi Listrik!

Infokampus.news – Transportasi Listrik adalah kendaraan yang menggunakan satu atau lebih motor listrik atau motor traksi sebagai tenaga penggeraknya. Ada 3 macam kendaraan listrik yang sekarang ada di pasaran, yaitu mobil listrik yang mendapatkan tenaga dari stasiun pengisian luar, mobil listrik yang mendapatkan tenaga dari listrik yang disimpan yang tenaga awalnya dari sumber luar, dan mobil listrik yang mendapatkan tenaga listriknya dari generator listrik, misalnya mesin pembakaran dalam (disebut juga kendaraan listrik hibrida), atau sel hidrogen.

Dari moda transportasi listrik yang sudah ada Institut Teknolgi Bandung (ITB) mengembangkan tiga inovasi transportasi listrik yakni bus listrik, kendaraan pengiriman listrik, dan Metro Capsule. Diharapkan ketiga inovasi ini dapat menambah beberapa inovasi transportasi yang sudah dikembangkang oleh ITB.

Baca Juga :  Informasi Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2017!

“Fokusnya di tiga bidang teknologi yang tadi. Kita kerjasama dengan berbagai perusahaan industri,” kata Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Berkelanjutan ITB, Sigit Santosa, saat Pameran Karya Inovasi di Aula Barat ITB, Bandung, Minggu.

Dia menuturkan, inovasi-inovasi itu masih dalam tahap pengembangan tim ITB. Namun Metro Capsule sudah diujicoba dengan membangun track sepanjang 300 meter di Subang.

“Di sana diuji semua uji sistem, uji fungsi dan macem-macem dites di sana. Dan hasilnya cukup bagus,” katanya.

Pembanguna Metro Capsule sendiri rencananya akan dilakukan di Kota Bandung sepanjang enam kilometer dari Stasiun Bandung, ke arah Dalem Kaum, Tegalega, dan kembali ke Stasiun Bandung.

Santosa menjelaskan, produksi kendaraan listrik itu nantinya akan bekerja sama dengan industri-industri manufaktur dalam negeri maupun luar negeri seperti PT INKA, PT KAI, PT INTI, PT PINDAD, PT Lens, dan berbagai kerjasama pengembangan dengan universitas luar negeri.

Baca Juga :  Miliki Penyakit Langka, Mahasiswa UM Ini Tetap Kebut Lulus

Santoso menambahkan, pengembangan moda tranportasi listrik adalah bagian dari upaya menghadapi revolusi industri otomotif pada 2025. Selain itu, kendaraaan listrik ini menjadi alternatif transportasi dan solusi atas permasalahan kebutuhan energi pengganti BBM dan pencemaran lingkungan.

“Jadi nanti kendaraan dengan menggunakan bahan bakar kan berkurang bahkan habis diganti oleh kendaraan hibrida dan listrik,” ujarnya. (FAM)

 

Sumber: Antara

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Canggih Sistem Ini Mampu Pantau Bak Sampah Via SMS!

Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung merancang sistem pemantauan bak sampah menggunakan short message service (SMS)

Close