ITB Siap Terima 1499 CaMaBa SBMPTN 2016

Kali ini, panitia SBMPTN 2016 tidak hanya menyelenggarakan Ujian Tertulis dengan metode Paper Based Testing (PBT) saja, tetapi juga menyelenggarakan tes melalui Computer Based Testing (CBT) bagi peserta dari bidang ilmu soshum dan ilmu sainstek. Namun tidak semua PTN menyelenggarakan CBT sebagai metode seleksinya.

Sebagai salah satu PTN yang menyelenggarakan CBT, ITB menyediakan kursi sebanyak 120 peserta untuk mengikuti CBT di kampus ITB.

“Metode CBT ini merupakan salah satu metode ujian dengan berdasarkan teknologi komputer. Keunggulan dari CBT ini adalah mampu mengurangi waktu yang terbuang untuk mengisi data secara menulis dan juga mempermudah peserta dalam mengoreksi jawaban,” tutur Prof. Dr. Asep Gana selaku Sekretaris Eksekutif I, Panitia Lokal 34 Bandung.

Terdapat dua jenis ujian yang akan dilaksanakan, yaitu Ujian Tertulis dan Ujian Keterampilan. Kali ini, SBMPTN 2016 hanya dilaksanakan satu hari saja untuk Ujian Tertulis, sedangkan untuk Ujian Keterampilan bagi beberapa jurusan akan dilaksanakan pada hari yang berbeda.

“Seleksi ini akan dilaksanakan pada akhir Mei dan awal Juni 2016, jika sesuai rencana Panitia Lokal 34 Bandung telah menyediakan kursi peserta sebanyak 42.800 orang dari wilayah Bandung dan Tasikmalaya,” tambah Asep Gana.

“Tahun ini, ITB akan menerima 3.757 mahasiswa melalui jalur SBMPTN dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Angka ini mengalami sedikit peningkatan dari tahun 2015 karena adanya tuntutan masyarakat bahwa lulusan teknik di Indonesia haruslah ditingkatkan,” Ujar Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, selaku Rektor ITB. Untuk tahun 2016, ITB membuka daya tampung sebesar 1.499 mahasiswa melalui jalur SBMPTN.

Selain itu, Rektor ITB turut menambahkan bahwa ITB akan menambah kuota mahasiswa untuk kelas internasional dalam beberapa program studi, diantaranya Teknik Kimia, Teknik Mesin, Manajemen, Farmasi Klinik, Aeronotika dan Astronotika.

“Hal ini didasari karena beberapa program studi tersebut telah mendapatkan akreditasi pendidikan berstandar internasional sehingga ITB menjadikan ini sebagai salah satu misi baru,” tambah Kadarsah.

 

Sumber: itb.ac.id

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Banda Aceh
Kuota CBT Panlok Banda Aceh Ludes Diserbu Peserta

Kuota Computer Based Testing (CBT) SBMPTN 2016 Tahun 2016 di Panitia Lokal Banda Aceh telah ludes diserbu para peserta dalam...

Close