ITN Kedatangan Tamu Dari Negeri Jiran

Infokampus.news, Malang – Senin (3/4) merupakan hari yang spesial bagi warga kampus Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Pasalnya, mereka kedatangan ‘tamu spesial’ dari Negeri Jiran, Malaysia.

Ialah Dr. Ir. Wahyu Mulyo Utomo yang menjadi perwakilan dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Dr. Wahyu datang untuk membagikan kuliah tamu tentang kesempatan bagi para mahasiswa untuk melakukan riset gabungan atau joint research.

Dalam kuliah tamu bertajuk “International Research Collaboration Opportunities & Electric Drives and Energy Saving” itu beliau membeberkan besarnya peluang para mahasiswa untuk mencatatkan namanya di dunia internasional.

Melalui kerjasama antara ITN Malang dan UTHM, setiap mahasiswa yang ingin melakukan riset akan diberikan kesempatan untuk mengkomunikasikan risetnya dengan pihak dari negeri tetangga. Jika menurut pertimbangan riset tersebut telah siap dan matang, maka kedua belah pihak antar negara akan diakomodasi keperluan risetnya.

“Bisa saja nanti mahasiswa di sini (ITN Malang) yang dikirim ke sana (UTHM) atau sebaliknya, demi kelancaran riset yang mereka kerjakan,” terang Dr. Wahyu.

Bagian Dari MoU ITN – UTHM

Untuk menegaskan kerjasama antara ITN Malang dan UTHM, kedua belah pihak beda negara tersebut memang telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) demi keperluan akademis yang saling menguntungkan sejak tahun 2016 lalu.

Riset gabungan atau joint research yang disampaikan oleh Dr. Wahyu adalah salah satu isi dari kesepakatan tersebut. Dengan begitu, untuk kedepannya diharapkan hubungan yang telah terjalin tersebut dapat memberi motivasi kepada para mahasiswa maupun dosen untuk lebih terpacu melakukan riset-riset yang inovatif hingga taraf internasional.

“Harapannya, nanti akan ada pertukaran pelajar, bahkan jika tahun depan kami bisa berkolaborasi kami akan mengirim dosen kami ke sana,” papar Rektor ITN Malang Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT. (Art)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berbagi Ilmu Cara Gampang Riset Go Internasional

Dr. Wahyu mencoba menepis pandangan bahwa untuk suatu riset bisa go international sangatlah sulit.

Close