ITS Tawarkan 35 Program Studi Untuk Para Calon Maba

Infokampus.news – Pada tahun 2017 ini, ITS menawarkan 35 program studi (Prodi) kepada calon mahasiswa baru (maba). Sebanyak 29 prodi di antaranya pada tingkat sarjana, sedangkan enam prodi lainnya pada tingkat diploma. Tidak akan ada pengurangan kuota jumlah mahasiswa baru yang akan diterima.

Ke-35 prodi tersebut tersebar di delapan fakultas di ITS. Tujuh fakultas di antaranya membuka prodi sarjana yang menerima mahasiswa baru melalui beberapa jalur di antaranya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Program Kemitraan dan Mandiri (PKM).

Kepala Subdirektorat Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolaan Kuliah Bersama, Dr Eng Siti Machmudah ST MEng menyatakan, persentase untuk tiap jalur terdiri dari 30 persen untuk SNMPTN, 40 persen untuk SBMPTN, dan 30 persen untuk PKM.

SNMPTN hanya menerima siswa dari penjurusan eksakta. Sedangkan SBMPTN dan PKM menerima siswa dari penjurusan non-eksakta untuk prodi-prodi tertentu. “Tidak semua prodi menerima siswa dari penjurusan non-eksakta,” jelas Siti saat ditemui ITS Online, Rabu (25/1) lalu.

ITS juga menyediakan prodi diploma bagi mereka yang berminat untuk terjun langsung pada dunia keahlian terapan. “Semua prodi diploma mulai tahun ini dibawahi langsung oleh satu fakultas yang bernama Fakultas Vokasi,” tambahnya. Prodi yang ditawarkan di antaranya adalah Teknik Infrastruktur Sipil, Teknik Mesin Industri, Teknik Elektro Otomasi, Teknik Kimia Industri,Teknik Instrumentasi, dan Statistika Bisnis.

Prodi diploma ini memang berganti nama dari tahun lalu. Namun, prodi-prodi tersebut tetap sama pada esensinya. “Untuk masuk ke prodi diploma ini, peminat dapat masuk melalui ujian masuk calon mahasiswa baru yang ITS selenggarakan secara mandiri,” jelas Siti.

Siti menambahkan, Prodi Teknik Infrastruktur Sipil memiliki jenjang D-III dan D-IV, sedangkan prodi diploma lain berjenjang D-III. Lulusan D-III yang berminat melanjutkan studi ke jenjang sarjana dapat mengikuti program Lintas Jalur atau Lanjut Jenjang (LJ).

Fakultas Vokasi sendiri merupakan satu di antara tiga fakultas anyar yang akan menerima mahasiswa baru. Dua lainnya ialah Fakultas Teknologi Elektro (FTE) serta Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi (FBMT).

Peminat dapat memilih prodi Teknik Elektro, Teknik Komputer (sebelumnya disebut Teknik Multimedia dan Jaringan, red), dan Teknik Biomedik di FTE. Peminat jalur SNMPTN, SBMPTN, atau PKM juga bisa memilih prodi Manajemen Bisnis di FBMT.

Selain ketiga fakultas baru tersebut, dalam waktu dekat ITS juga berencana membuka prodi baru lain. Namun prodi-prodi tersebut belum dibuka untuk seleksi SNMPTN, SBMPTN, maupun PKM tahun ini. Peminat dapat memantau perkembangan jalur masuk ke ITS melalui situs http://smits.its.ac.id/. (FAM)

 

Sumber: ITS

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 dipastikan tidak akan menggunakan nilai Ujian Nasional (UN) sebagai bahan seleksi. Kepastian ini muncul karena jadwal seleksi SNMPTN 2017 berlangsung sebelum UN SMA/SMK berlangsung. “Nilai Ujian Nasional memang tidak berpengaruh pada SNMPTN karena proses seleksinya selesai sebelum pengumuman Ujian Nasional,” ujar Direktur Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sri Peni Wastutiningsih. Rangkaian kegiatan SNMPTN tahun ini telah dimulai pada 14 Januari dengan…
  • Unand Padang, Sumatera Barat, mulai sosialisasikan SNMPTN 2017 dan SBMPTN 2017
  • Sebanyak 200 undangan memadati aula utama gedung A3 Universitas Negeri Malang (UM) untuk mengikuti sosialisasi Standardisasi SNMPTN 2017

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

‘Puncak Kesucian Seni’ Ada di Pelangi Nusantara 2 Kampung Sinau Malang!

'Ireng-Irenge Manggis' adalah tema dari acara Pelangi Nusantara 2 yang digelar Kampung Sinau kelurahan Cemoro Kandang kota Malang.

Close