Raih Kampus Hijau Berkat Smart Eco Campus

Infokampus.news – Pemeringkatan kampus dengan pengelolaan lingkungan hidup terbaik telah dikeluarkan oleh UI Green Metric World University Ranking baru-baru ini. Tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil mendapatkan posisis kedua di tanah air. Menanggapi hal itu, Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD mengatakan bahwa pencapaian ini, salah satunya diperoleh dari program smart eco campus.

Menurut Joni, program smart eco campus tidak hanya mengupayakan kampus yang bersih dan hijau, akan tetapi juga memperhatikan aspek pengelolaan sumberdaya supaya dapat berkelanjutan. Menurutnya, keberhasilan program tersebut mulai tampak seiring dengan munculnya nama ITS di posisi kedua UI Green Metric.

Ia menambahkan, beberapa hal yang berkaitan degan penataan lingkungan dilakukan secara lebih terkendali dan efektif. Contohnya pada pengelolaan air, listrik, kertas serta pengelolaan lalu lintas dalam kampus melalui program smart eco campus. “Alhamdulillah hasilnya mulai kelihatan,” ujarnya.

UI Green Metric Ranking World University Ranking ini diikuti oleh 480 perguruan tinggi di seluruh dunia, lebih banyak dari tahun 2015 yang hanya 407. Terdapat 49 perguruan tinggi di Indonesia yang telah berpartisipasi aktif dalam ajang ini, namun tidak semuanya dapat memenuhi kriteria.

Pemeringkatkan ini menempatkan Universitas Indonesia di peringkat pertama tanah air dan peringkat 31 dunia. Sedangkan ITS yang berada di posisi kedua mendapatkan peringkat 43 dunia.

Selanjutnya disusul oleh Institut Pertanian Bogor yang mendapatkan peringkat 57 dunia dan Universitas Diponegoro pada peringkat 69 dunia. Kemudian Universitas Sebelas Maret mendapatkan peringkat 76 dunia dan peringkat lima tanah air. (FAM)

 

Sumber: ITS

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa Ini Ciptakan Kopi Mirip Kopi Luwak

Trio mahasiswa program studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Teknologi Pertanian itu sukses mengembangkan kopi luwak artifisial.

Close