ITS Raih Lima Medali di Ajang Gemastik 2016

Infokampus.news – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meraih juara II dan berhasil raih lima medali dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke- 9 tahun 2016.

“Dalam ajang kreativitas teknologi yang digelar di Kampus UI Depok pada 27-29 Oktober itu, ITS menjadi juara kedua dengan membawa pulang lima medali,” kata Wakil Ketua PIKTI ITS Abdul Munif SKom MSc di Surabaya, Senin (31/10/2016).

Pada Gemastik-9 itu, tuan rumah Universitas Indonesia yang menjadi juara umum. Tahun ini, ITS berhasil mengirimkan 14 tim ke babak final atau meningkat 100 persen dari finalis ITS tahun lalu yang hanya mengirimkan tujuh tim ke babak final.

ITS berhasil menjuarai beberapa kategori perlombaan. Mereka mendapat dua medali emas, satu perak, dan dua perunggu. Dua medali emas diraih oleh Tim Ins_Tec_Sepuluh untuk kategori data mining, kemudian Tim Moco Warrior untuk kategori piranti cerdas dan embedded systems.

Sementara itu, sebuah medali perak diraih oleh Tim Lumen-v31 untuk kategori Bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), lalu dua medali perunggu diraih oleh Tim SuperPecilan (data mining) dan Tim DM TEAM (e-government).

“Alhamdulillah, hasil ini jauh meningkat jika dibandingkan dengan Gemastik tahun 2015 yang hanya mendapat satu medali perak dan berada pada peringkat ketujuh,” katanya.

Tahun ini, Gemastik diikuti 2.307 tim dari 113 Perguruan Tinggi se-Indonesia yang bertanding pada 10 kategori lomba Gemastik, di antaranya aplikasi permainan, pengembangan perangkat lunak, piranti cerdas dan embedded system, e-Government, dan sebagainya.

Para pemenang juara I, II, dan III pada setiap kategori mendapatkan hadiah berupa piagam dan uang tunai masing-masing senilai Rp11 juta, Rp8 juta, dan Rp5 juta.

Baca Juga:

Selain itu, pemenang juga memperoleh WildCard Ticket ke Semi Final Microsoft Imagine Cup Indonesia bagi para pemenang kategori lomba pengembangan aplikasi permainan, pengembangan perangkat lunak, piranti cerdas dan embedded system, pengembangan bisnis TIK, dan e-Government.

Khusus juara umum berhak membawa pulang piala bergilir bernama “Samakbya Padhesa Widya” yang artinya “Informasi yang benar untuk ilmu pengetahuan”.

Untuk penghargaan nonkategori seperti The Most Inspiring Team diberikan kepada tim As datech dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan tim Silver Bullet dari STMIK Palcomtech Palembang dan Best Poster adalah tim Snorlax dari UGM. (FAM)

 

Sumber: ITS

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UI raih juara umum ajang GEMASTIK 2016

UI berhasil raih juara umum pada Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2016.

Close