Jadi Juri Lomba Ketrampilan Siswa Berkebutuhan Khusus, Mahasiswa STIKI Malang Ini Dibuat Kaget Setengah Mati! Ternyata…

Infokampus.news, Malang – Dalam Lomba Ketrampilan Siswa Berkebutuhan Khusus tingkat provinsi yang digelar di kota Batu beberapa waktu lalu, salah satu mahasiswa STIKI Malang Ghulam Najmudin mengaku terkejut. Pasalnya saat menjadi juri dalam acara ini, dirinya dan 2 orang juri lainnya dibuat terkagum kagum dengan hasil prakarya lampion dan cinderamata berbahan sampah daur ulang hasil karya para siswa berkebutuhan khusus.
“Dari 35 peserta itu kami kebingungan memilih yang terbaik, karena saya saja dari anak desain waktu melihat tidak percaya begitu ini karya dari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Saya tidak menemukan karya seperti itu saat mengajar maupun dalam kehidupan sehari-hari saya,” tukas mahasiswa angkatan 2017 ini.
Dirinya terkagum-kagum dengan karya para ABK yang notabene memiliki berbagai keterbatasan, namun mampu menghasilkan karya yang luar biasa. 35 orang peserta ini memperebutkan 6 kategori juara yakni juara 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3. Nantinya juara pertama dalam lomba ini akan mewakili Jawa Timur untuk berkompetisi di tingkat nasional.
Ghulam sendiri saat ini tengah mengajar prakarya di sebuah SMK di Malang dan memiliki usaha di bidang yang sama. Bahkan usahanya juga sudah memiliki legalitas dan patut diperhitungkan. “Tidak mudah ya memang (kuliah, mengajar, mengelola bisnis) tapi saya rasa semua orang juga mengalami ketidakmudahan ini.” Terangnya.
Meskipun tidak mudah dalam membagi waktu antara berkuliah, mengajar dan mengelola usaha, namun dia berharap para ABK ini nanti mampu juga membuat usaha sendiri di bidang prakarya atau bidang lain dengan tetap memiliki gelar akademik yang kredibel. Ia juga membagikan sedikit tips untuk para siswa atau mahasiswa yang ingin memulai sebuah usaha.
Menurutnya untuk memulai mencari penghasilan sendiri harus dimulai sebelum lulus sekolah atau kuliah. “Malu kan SMA 3 tahun kuliah 4 tahun total 7 tahun kita mengemis pada orang tua. Pola pikir untuk bekerja atau usaha setelah lulus itu harus diubah, harus sudah bisa survive sebelum kuliah. Pokoknya satu jangan takut apapun.” imbuhnya.
Jika seseorang sudah mampu survive bahkan sebelum lulus, maka menurutnya gelar akan menjadi penghias kesuksesan. Gelar ini nantinya juga akan sangat penting untuk mempermudah legalitas usaha bahkan tak jarang gelar juga mempermudah seseorang mendapat ‘pengakuan’ di masyarakat. (Pus)

Berita Terkait

  • Infokampus.news – kamu menyukai bidang seni? Suka corat-coret kertas, dengerin musik, atau memang  merasa jiwa seni kamu sangat tinggi ? sudah lulus SMA dan ingin sekali masuk prodi desain komunikasi visual? Yuk cari tahu informasi Desain Komunikasi Visual (DKV) STIKI Malang. Jika kamu sedang menjari jurusan DKV di kota Malang untuk jenjang perkuliahanmu, coba daftar menjadi mahasiswa baru STIKI Malang. Berdiri sejak empat tahun yang lalu DKV STIKI Malang memiliki…
  • Infokampus.news – Dinda Maudi salah satu mahasiswa aktif Desain Komunikasi Visual (DKV) STIKI Malang hari ini pamerkan karya dalam pameran DKVOLUTION (17/7).  Lewat hasil karyanya, Dinda Maudi siap bersaing di dunia industri kreatif yang sedang berkembang saat ini. Hobi yang ia tekuni sejak dulu adalah menggambar manual maupun digital, jika manual dia lebih sering menggunakan media cat air, sedangkan menggambar lewat digital dia lebih menggunakan Paint Tools. Pribadi yang suka…
  • Infokampus.news  – Liburanmu gabut? Suka lihat pameran?  atau kamu tertarik dengan jurusan Desain Komunikasi Visual? ingin melihat karya dari mereka?   Yuk Join acara pameran mahasiswa DKV Stiki Malang dengan Mengusung tema DKVOLUTION. Acara ini sudah diselenggarakan setiap tahun, ini merupakan tahun ke-tiga ajang pamer karya mahasiswa dilaksanakan, tahun lalu dengan judul DKV Karta mengusung tema dengan konsep metropolitan semi klasik dengan karya Mural, sedangkan tahun ini mengusung tema Evolusi, yang…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
student Exchange
Magang Internasional ,STIKI Gandeng Perguruan Tinggi Filipina

Memaksimalkan program student Exchange, STIKI dan Iloilo Science and Technology University Filipina saling mengirimkan dua mahasiswa terpilih untuk diinisiasi magang...

Close