Jadi Pemateri “Indonesia Green Growth & Sustainability Expo 2019”, Mahasiswa Unikama Ini Tak Main-Main Soal Urbanisasi

Infokampus.news, Malang – Robbi Readi dan Risky Anggale merupakan dua mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) yang mendapat kehormatan untuk menjadi keynote speaker dalam acara perdana Kementrian Lingkungan Hidup yang digelar di Graha Cakrawala beberapa waktu lalu.

Robbi readi sendiri membawakan materi yakni ‘Dampak Urbanisasi Terhadap Lingkungan Hidup kota Malang dan Peran Masyarakat Lokal Perkotaan’. Sedangkan Risky Anggale sendiri membawakan materi ‘Dampak Urbanisasi Terhadap Perekonomian Masyarakat kota Malang’.

“Saya mewaki kampus, karena pada waktu itu ada undangan kekampus untuk mengisi materi, jadi saya sama dosen di percayai untuk mengisi dan mewakili kampus.” Ungkap Robi.

Ketua Jurusan Ekonomi, Dr. Andi sendiri juga melakukan pendampingan dan pembimbingan langsung pada 2 mahasiswa ini. Alasan mereka memilih tema urbanisasi adalah karena semakin maraknya urbanisasi masyarakat dari daerah pedesaan ke perkotaan.

“Dalam suatu penelitian di perkirakan tahun 2050 masyarakat kota 75% masyarakat desa 25%.” Ungkapnya.

Urbanisasi sendiri menurutnya nemiliki dampak positif dan negatif yang cukup imbang. Diantara dampak positifnya bagi kota adalah; menambah jumlah tenaga kerja, meningkatkan taraf pendapatan, menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas dan memperlaju pembangunan nasional.

Baca Juga :  Seleksi Mandiri UM, Buka Jalur Tes Berbasis Komputer TMBK

“Sedang negatifnya bagi kota diantaranya; terciptanya kepadatan penduduk, menurunya etika lingkungan, timbul kejahatan yang semakin marak, kemisikinan semakin merebak dengan meningkatnya nilai taraf kehidupan.” Imbuhnya lagi.

Tak hanya menyampaikan dampak globalnya, namun ia juga memberikan solusi bagi berbagai masalah ini. Diantaranya adalah; masyarakat desa harus meningkatkan sektor pendidikan, pembanguan, ekonomi, meningkatkan produktifitas masyarakat desa dan membuat komunitas/gerakaran masyarakat peduli lingkungan. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *