Jadi Pembina Upacara di SMA 3 Batu, WR 1 Unikama: Nilai UNBK Itu Penting

Infokampus.news, Malang – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan segera dilaksanakan pada bulan April di minggu pertama. Banyak persiapan dari para siswa-siswi untuk semakin giat belajar dalam menghadapi UNBK kali ini.

Hal ini menjadi perhatian Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Pada hari Senin (25/3) Wakil Rektor I Unikama Bidang Akademik, Dr. Sudi Dul Aji, MSi, melakukan kunjungan di SMAN 3 Batu. Sudi, biasa disapa, menjadi pembina upacara dan menyampaikan motivasi kepada siswa-siswi serta beberapa hal yang harus disiapkan dalam menghadapi UNBK.

“Menurut saya guru sudah cukup membekali siswa, begitupun siswa juga sudah belajar secara intensif. tinggal saya tekankan untuk berdoa kepada Allah SWT, meminta maaf kepada kedua orangtua beserta guru, agar supaya dilancarkan saat UNBK,” tutur Wakil Rektor 1 Unikama.

Ada 8 jenis Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) yang harus dikenali dalam diri siswa. Diantaranya, Word Smart (kecerdasan bahasa), Logic Smart (kecerdasan matematis), Picture Smart (kecerdasan spasial), Musical Smart (kecerdasan musikal), Body Smart (kecerdasan kinesitetik), People Smart (kecerdasan interpersonal), Self Smart (kecerdasan intrapersonal), dan Nature Smart (kecerdasan naturalis).

Baca Juga :  Kampus Unikama Bakal Terima 2000 Mahasiswa Baru di Tahun 2022

Tak lupa pula, Sudi Dul Aji menyampaikan bahwa nilai UNBK itu penting untuk siswa, jangan ragu dan khawatir untuk menghadapi UNBK. “Seperti Albert Einsten, setiap individu memiliki kecerdasan masing-masing, tidak ada siswa bodoh, keberhasilan seseorang tidak hanya ditentukan dari kesuksesan. Menjadi Dokter, Insinyur, ataupun Guru, banyak juga yang dapat sukses melalui jalur seniman maupun olahragawan”.

Di akhir sambutan, Sudi Dul Aji juga memberikan motivasi bahwa siswa-siswi harus bisa masuk di Perguruan Tinggi yang di inginkan. Universitas Kanjuruhan Malang, sebagai Perguruan Tinggi yang berada di Kota Malang siap membantu meraih mimpi siswa-siswi untuk menggapai cita-cita yang lebih tinggi dengan program studi unggulan yang ada di kampus dengan julukan Universitas Multikultural ini.

Pada kegiatan yang baru pertama kali di lakukan oleh Unikama bekerjasama dengan SMAN 3 Batu. Kedepannya diharapkan terjalin kerjasama dalam bidang lain, misalnya saja workshop untuk guru mengenai bagaimana cara menulis karya tulis ilmiah dengan baik, atau bahkan Unikama memiliki tim robotica yang dapat membantu siswa-siswi memanfaatkan dengan baik kecanggihan teknologi.

Baca Juga :  Kominfo Larang 11 Data Ini Disebar di Media Sosial

Ditemui di lain tempat, Wakil Rektor 1 menyampaikan bahwa Unikama saat ini sedang mempersiapkan program pemerintah yakni Program Pendampingan Dosen (PDS) bekerja sama dengan sekolah yang ada di Malang Raya. Program pemerintah ini mengenai bagaimana dosen turut andil membantu menyusun kurikulum, hingga pendampingan sampai pada tahap evaluasi kurikulum.

“Kita siapkan semester depan, karena saat ini sekolah masih fokus dengan UNBK, untuk wilayah masih di seputar Malang Raya, Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Karena memang dosen juga masih ada tugas untuk mengajar di kampus,” ungkapnya lebih lanjut. (Jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *