Jadi Pioneer di Indonesia, ITB Terbitkan Ijazah Digital

INFOKAMPUS.NEWS – Karena pandemi virus corona masih berlangsung, Institut Teknologi Bandung (ITB)  merancang Ijazah dalam bentuk digital dengan tanda tangan elektronik untuk wisudawan tahap dua tahun akademik 2019/2020. Hal ini merupakan kebijakan  Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk meniadakan wisuda kedua tahun akademik 2019/2020.

Kebijakan ITB ini momen yang  tepat untuk memperkenalkan ijazah dengan bentuk baru seiring dengan revolusi industri 4.0 dimana semua hal berbasiskan teknologi digital. Hal ini tertuang  dalam peraturan Rektor ITB Nomor 145A/IT.A/SI.13/2020 tentang informasi elektronik, Dokumen Elektronik, dan TRansaksi Elektronik di Lingkungan Institut Teknologi Bandung.

ITB menjadi kampus pertama di Indonesia yang menerbitkan ijazah digital dengan tanda tangan elektronik bersertifikat.

Prof. Reini Wirahadikusumah,Ph.D, sebagai Rektor ITB  mengajak para wisudawan memaknai peniadaan penyelenggaraan wisuda sebagai wujud kebersamaan dalam berjuang menangani virus corona.

Menurut Reini, situasi saat ini merupakan kesempatan yang tepat untuk memperkenalkan Ijazah dengan bentuk baru tersebut. ITB berpedoman pada kerangka kerja hukum yang berlaku di Indonesia serta aturan khusus ITB yang ditetapkan melalui Peraturan Rektor ITB dalam menerbitkan ijazah digital.

“Ijazah digital memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi sehingga lebih kecil peluang terjadinya pemalsuan Ijazah dan transkrip nilai,” kata Reini dalam siaran pers, Rabu 8 April 2020.

Dengan menggunakan Sistem digital, penerbitan ijazah dan transkrip nilai pun lebih efisien karena tidak membutuhkan tanda tangan basah.

Keabsahan Ijazah dan transkrip nilai digital dapat diperiksa secara langsung oleh para pihak yang berkepentingan melalui laman https://akademik.itb.ac.id/alumni.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr.Ir. Jaka Sembiring, M.Eng mengungkapkan  bahwa Keaslian ijazah akan diverifikasi langsung oleh masyarakt secara kasat mata dengan membuka dokumen ijazah menggunakan Aplikasi Pembaca PDF (Bagian Digital Signature.

“Selain itu, ijazah digital ITB akan tetap diterbitkan dalam dua bentuk, yaitu ijazah bentuk kertas dan ijazah bentuk file pdf,” tambahnya.

Prof. Jaka juga mengungkapkan bahwa sejumlah perguruan tinggi luar negeri telah menerapkan kebijakan yang serupa. Kampus tersebut antara lain Brown University USA, University of Bergen Norway, Carnegie Mellon University, Stanford University dan lainnya.(Van)

Leave a Reply

Your email address will not be published.