Jalin Kerjasama Pembuatan Radar, TNI-AU Akan Libatkan Peneliti Dari Universitas Gadjah Mada

Infokampus.news, Malang Universitas Gadjah Mada dan TNI Angkatan Udara adakan kerja sama dalam bidang pembuatan radar untuk meningkatkan pengamanan wilayah udara nasional. Sebanyak 12 radar yang diperlukan oleh TNI AU rencananya dibuat oleh putra bangsa yang melibatkan peneliti dari UGM. Senin (7/8), Kepala Staf TNI AU (KSAU), Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, penandatanganan kesepakatan bersama dengan Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyno, M.Eng., D.Eng., di ruang sidang Graha Sabha Pramana. Acara juga disaksikan oleh Ketua Umum PP Kagama, Ganjar Pranowo, dan Sekjen PP Kagama, Ari Dwipayana

“Sampai saat ini, TNI AU memiliki 20 radar, idealnya 32 radar sehingga tiap hari saya selalu deg-degan,” kata Kepala Staf TNI AU (KSAU), Marsekal TNI Hadi Tjahyanto seperti dilansir dalam laman UGM

Menurut KSAU, Hadi Tjahyanto, melalui kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada berharap penguasaan pengembangan teknologi radar di dalam negeri akan makin berkembang dan lebih maju. Namun begitu, ia berharap mahasiswa dari TNI AU yang tengah menempuh pendidikan S2 dan S3 di UGM juga bisa dilibatkan.

“Kami memiliki 13 mahasiwa S2 dan S3 yang kuliah di sini,” Ungkapnya.

Rektor UGM Sambut Baik Kerjasama Dengan TNI-AU

 

Rektor UGM, Prof Panut Mulyono, menyambut baik terlaksananya kerja sama dengan TNI AU dalam bidang pembuatan teknologi radar. Menurut Rektor, UGM selalu mendukung pengembangan alutsista dan pemantauan batas wilayah RI baik dari laut, udara dan darat.

“Kita harus memperkuat alutsista kita dengan tidak mengandalkan teknologi dari luar,” Pungkasnya.

Menurut Rektor, alat militer yang dimiliki TNI AU di bidang radar, monitoring pesawat dan Intelligence harus diperbanyak untuk memperkuat tugas pengamanan udara wilayah NKRI. Dikatakan Rektor, setiap negara maju umumnya memiliki angkatan bersenjata yang kuat, ekonomi yang lebih maju dan penguasaan teknologi yang lebih baik.

“Saya kira kerja sama ini bisa meningkatkan kekuatan kita untuk mengamankan negara serta mendorong kemajuan bangsa ini,” pungkasnya. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai Hari Ini Dekan FE UM Resmi Gantikan Prof. Dr. Hariyono Sebagai Wakil Rektor I UM Yang Baru

Mulai hari ini dekan FE UM Resmi menjabat sebagai Wakil Rektor I UM yang baru menggantikan Prof. Dr. Hariyono yang...

Close