Jam Ini Mampu Cegah Ngantuk saat Mengemudi

Infokampus.news – Mengantuk menjadi pemicu terjadinya kecelakan lalu lintas. Seorang mahasiswa bernama Loo Jun Wen mengatakan, seorang pengemudi sangat mudah terserang kantuk, terutama jika bekerja di malam hari. Rekan Loo Jun Wen, Aiden Chia pun merasa khawatir jika ayahnya yang bekerja sebagai sopir taksi sedang bekerja di malam hari. Untuk itu, keduanya bersama tiga teman lainnya membuat suatu inovasi yang kemudian diberi nama ‘Risk Watch’ jam yang mampu cegah ngantuk saat mengemudi.

Mahasiswa Singapore University of Technology and Design (SUTD) itu merancang Risk Watch sebagai jam yang dilengkapi dengan cincin yang mampu memantau keadaan pengemudi sekaligus merangsang mereka untuk selalu terjaga dengan getaran yang dihasilkan.

“Konsekuensi mengantuk saat berkemudi sangat berbahaya, dan kecelakaan sering terjadi akibat hal ini,” ujar Aiden Chia, disitat dari Straits Times, Rabu (14/12/2016).

Dia menjelaskan, jam akan menyala setiap 15 menit sekali. Kemudian, pengemudi harus melenturkan jarinya. Jika tidak, maka jam akan bergetar.

“Cincin juga akan mengukur detak jantung pengemudi. Kemudian, jika indra pengemudi mengalami rasa kantuk, maka jam akan bergetar,” tuturnya.

Baca Juga:

Prototype inovasi ini dibuat dalam waktu 12 minggu. Sedangkan target pengguna alat ini, yakni mereka yang harus menyetir di malam hari.

“Target kami adalah sopir yang punya shift malam, seperti polisi atau sopir taksi,” tukas Aiden Chia. (FAM)

 

Sumber: tnp.sg

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jago Bahasa Inggris, Lulusan Vokasi Langsung Dapat Kerja

Namun siapa sangka, selain IPK, hal yang juga membuat mahasiswi lulusan vokasi ini cepat mendapat kerja adalah kemampuan bahasa Inggris.

Close