Jaman Semakin Canggih Harus Melek IT, UNIKAMA Beri Pelatihan IT Guru SMK Kabupaten Malang

Infokampus.news – Upaya meningkatkan guru Melek IT harus dilakukan untuk menghadapi revolusi industry 4.0 yang sudah di depan mata. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan Informasi Teknologi (IT) untuk guru Matematika di Kabupaten Malang. Pelatihan ini bertujuan agar guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mampu menerapkan IT dalam pembelajaran Matematika.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh tim pengabdian masyarakat Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) yang diketuai Dra. Retno Marsitin, M.Pd. Kegiatan yang berlangsung empat hari ini dilakukan untuk menjalin kemitraan dengan SMKN 1 Gedangan dan SMK PGRI Singosari.

Wakil Kepala SMK PGRI Singosari yang diwakili bagaian Kurikulum menyatakan, ucapan terima kasih kepada tim pengabdian atas ilmu yang diberikan terutama tentang penerapan IT pada pembelajaran Matematika. Dengan kegiatan semacam ini diharapan guru Matematika SMK mempunyai katrampilan IT untuk mengatasi peserta didik yang sedang melakukan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).

Pelatihan yang berlangsung di SMK PGRI Singosari ini bisa membantu guru dalam menggunakan Maple untuk menyelesaikan materi fungsi, integral dan turunan. Selain itu, tim pengabdian juga melatih guru dalam pembuatan e-modul Matematika.

Kegiatan juga berlajut dengan pelatihan guru Matematika SMKN 1 Gedangan. Pelatihan ini dipandu oleh tim pengabdian masyarakan UNIKAMA dan ketua MGMP Kabupaten Malang Rakhmad Fajar Wijaya. Seperti di SMK PGRI Singosari, target pelatihan di SMKN 1 Gedangan membantu guru Matematika dalam penggunaan aplikasi Maple dan pembuatan e-modul.

Kegiatan pelatihan diakhiri dengan desiminasi guru Matematika dalam konferensi guru Matematika SMK yang didampingi tim pengabdian masyarakat. Dengan demikian, masukan dari guru Matematika di SMK merupakan hal yang sangat diharapkan, terutama untuk memperbaiki e-modul Matematika yang telah disusun. Dari sinilah, guru Matematika SMK siap menyambut tantangan-tantangan yang berkaitan dengan penggunaan IT dalam pembelajaran Matematika. (Hum)

 

Sumber: Humas UNIKAMA

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Ada yang beda pada KKN mahaiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Tim KKN biasanya terjun lapang ke desa-desa namun yang sekarang KKN Mahasiswa Unikama melakukan International Excursion ke Universiti Utara Malaysia (UMM). “KKN kali ini tujuannya bukan lagi terjun ke masyarakat, tapi lebih kepada mendapatkan pengalaman tentang kehidupan akademis Internasional. Harapannya mahasiswa mendapatkan ilmu belajar di kelas Internasional dan dapat berpikir out of the box” Ungkap Ayu Liskinasih,M.Pd Kegiatan…
  • Bank Sampah kota Malang (BSM) RW 10 awal berdiri di kota Malang pada tahun 2013. Difasilitasi oleh Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang bersama dengan Kader Lingkungan Hidup Kota Malang yang
  • Infokampus.news - Kota Malang merupakan gudangnya berbagai kuliner dan camilan berasal, inovasi dan persaingan di bidang kuliner tidak pernah mati. Berbagai UKM mulai bermunculan di  Kota Malang maupun Kabupaten Malang, untuk memenuhi minat masyarakat yang cukup tinggi dalam hal kuliner dan camilan. Salah satu UKM di bidang camilan yang sedang merangkak berkembang adalah “Bintang Jaya”. UKM ini berada di Desa Kedok-Turen Kabupaten Malang. Ibu Masfufatun Nisak sebagai pemilik UKM yang…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Perguruan Tinggi Terbaik
Berikut ini Perguruan Tinggi terbaik di Jakarta versi Infokampus

Infokampus.news – Ibukota Jakarta terdapat beberapa kampus yang berkualitas, dimana bukan hanya kampus yang berstatus Universitas Negeri namun juga Universitas

Close