Jaman Sudah Canggih, Ini Bukti Pramuka Juga Tetap Eksis!

Infokampus.news – Dalam kurikulum 2013 kegiatan pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib bagi setiap sekolah. Menyikapi hal itu, Unit Kegiatan mahasiswa (UKM) Gerakan Pramuka Universitas Kanjuruhan Malang (unikama) menggelar event 2 tahunan yang dikemas Galang Tangkas Tegak Kreatif (GT2K) ke 3 Se-Jawa Tmur. Kegiatan yang berlangsung mulai Sabtu – Minggu (28-29/7) langsung dibuka oleh Rektor, Dr. Pieter Sahertian, M.Si.
Kegiatan pembukaan yang berlangsung dihalaman tengah kampus juga dihadiri Dewan Pembina dan jajaran Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK) dan diikuti 160 peserta. Dalam sambutannya, Pak Pieter panggilan akrab Rektor selalu mengingatkan peran generasi muda dalam perkembangan teknologi.
Ditengah globalisasi masih ada generasi penerus bangsa yang mau ikut dalam kegiatan kemanusiaan seperti ini, tuturnya. Ia juga menegaskan kegiatan pramuka harus memiliki nilai-nilai kreatifitas. Karena orang sukses adalah orang memiliki kreativitas dan inovasi, tegasnya.
Hal ini juga akan berdampak pada reputasi sekolah dan mengharumkan nama bangsa, lanjutnya.
Drs. Purnomo selaku Pembina, mengapresiasi kegiatan tahunan ini. Kegiatan ini tentu tak terlepas dari kerja sama anggota pramuka dan dukungan dari kampus, sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Kedepan, kita akan tingkatkan konsep yang lebih inovatif dan lebih luas lagi, bukan hanya se-Jawa Timur, harapnya.
Ditemui usai pembukaan, Romadhon, A.Ma.Pd.,S.Pd.,M.Pd selaku Ka.Bag. Kesejahteraan dan Alumni BAK menuturkan, dalam kegiatan ini tak hanya pada kreativitas semata, melainkan membangun kebersamaan dalam kelompok kecil (regu) sangat dikedepankan dengan menjunjung tinggi sportivitas yang sehat.
“Tak hanya pramuka, kedepan kita dorong setiap Organisasi Kemahasiswaan (ormawa) harus lebih kreatif dan inovatif dalam setiap kegiatan. Artinya, ormawa harus keluar dari garis stagnan dan lebih memiliki nilai-nilai promotif terhadap kampus kedepan,” Harap Romadhon.
Tahun ini Kegiatan Pramuka meliputi; miniatur pioneering, senam kreasi, cipta lagu GT2K, media pembelajaran pramuka, Karya Tulis Ilmiah (KTI), acapela, dan vlog, ungkap Abdul Ghofur Ketua Panitia. ia juga menambahkan, kegiatan ini akan dimeriahkan oleh bazar hingga hari terakhir, tambahnya.
Mahasiswa semester 3 ini, menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk mengasah kemampuan dalam berpramuka sekaligus memupuk kreativitas setiap pangkalan, jelasnya. (Pus/Don)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Mix Fruit mahasiwi ITN
Mix Fruit Karya Mahasiwi ITN Malang Raih Juara Dua Lomba Poster PKM Host UM

Infokampus.news – Minuman karya Mahasiswi ITN Malang yang bernama “Mister Mix Fruit Tebu Pipa california” ini kaya akan vitamin C

Close