Jangan Bingung! Begini loh Cara Menulis Esai yang Baik

Infokampus.news – Menurut Pantauan Infokampus.news banyak sekali mahasiswa yang masih bingung bagaimana menulis esai yang baik. kali ini tim infokampus.news akan berikan kalian cara menulis esai yang baik, di simak ya Sobat FoKus!

Menulis esai untuk proses seleksi masuk universitas memang bukan hal yang umum di Indonesia, tapi kerap diminta oleh kampus-kampus di luar negeri. Artis Indonesia yakni Tasya Kamila pernah memberikan tips bagaimana menulis esai yang baik. dia berbagi pengalamannya pada saat mendaftar program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk S2 di Columbia University, New York.

Dalam menulis esai tentang rencana studi, Tasya mengatakan bahwa ia menuliskan dengan rinci.

“Aku nulisnya komprehensif. Aku bagi di dalamnya ke beberapa bagian, yang pertama latar belakang dan motivasi, kenapa aku pilih jurusan yang aku pengin. Kalau aku sendiri nulisnya diawali dari tantangan yang dihadapi Indonesia untuk bidang yang aku tekuni, bagaimana di Indonesia membutuhkan ahli yang aku tekuni itu,” tutur Tasya.

Baca Juga :  Kuliah Sambil Bisnis, "Dapur Fitroh" Mampu Wujudkan Impian Mahasiswi FH UWG

Selain itu, Tasya juga mengungkapkan tentang program studi yang ia ambil dalam esainya serta rencana mata kuliah yang hendak ia ambil, dan rencana pasca studi. “Di sini aku tulis, setelah S2 aku tulis apa saja yang akan aku lakuin,” ungkapnya.

Janet Morrissey, dalam artikel berjudul “How to Write a Good College Application Essay” yang dimuat The New York Times, mengatakan bahwa esai yang digunakan untuk seleksi perguruan tinggi tak sekadar menceritakan tentang semua yang telah dilakukan si penulis, tapi juga tentang pandangan tentang dunia dan ambisi-ambisinya.

Dalam menulis esai, seorang siswa sebaiknya memaparkan tentang karakter diri, minat, nilai-nilai hidup, pengalaman, serta pandangan tentang dunia. Tak perlu takut juga untuk memberi bumbu humor dalam tulisan agar tak terlalu kaku.

Jika punya beragam komunitas sosial, ceritakanlah aktivitas di komunitas itu dan peran positif Anda. Sebutkan pula tentang kegiatan kursus atau kegiatan non akademik lain yang relevan dengan program studi yang diincar, sebab hal itu menunjukkan minat Anda pada studi yang bersangkutan.

Baca Juga :  Peserta PMMB: Mundur Selangkah, Maju Tiga Langkah

Selain itu, tulis juga alasan memilih kampus tersebut sebagai tempat belajar. Anda bisa menjelaskan kurikulum yang mereka gunakan, lingkungan sosial di kampus tersebut, lokasi kampus, pengajar di sana, atau sejarah yang memengaruhi pilihan anda.

Meski Anda bisa menambahkan humor, hindari kata kasar dalam penulisan esai. Selain itu, gunakan tata bahasa bahasa yang baik untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang siap kuliah. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *