Jarang Dilirik, Ternyata Peluang Kerja Lulusan Program Diploma Pariwisata Terbuka Lebar Bahkan Tak Perlu Tunggu Lulus Untuk Dapat Pekerjaan!

Infokampus.news, Malang – Program Diploma Pariwisata merupakan salah satu jurusan dengan peluang kerja yang sangat besar dibandingkan dengan jurusan lain. Selain karena peluang kerja yang ditawarkan untuk para alumni jurusan ini juga menjanjikan gaji yang sangat besar, pariwisata merupakan salah satu ‘investasi’ pemerintah.
“Dalam beberapa tahun kedepan pemerintah sudah tidak bisa lagi mengharapkan pendapatan dari migas, otomatis pariwisata yang diharapkan. Makanya kenapa pemerintah sekarang mulai mengoptimalkan 10 tempat wisata itu, karena ya memang kalau pariwisata maju ekonomi negara juga maju.” Tukas Dr. Sunardi S.E., M.M., ketua Program Diploma Pariwisata Universitas Merdeka Malang (UNMER Malang) saat ditemui di sela acara International Seminar on Opportunity to Work Overseas for Diploma of Tourism UNMER Malang Graduates hari ini (19/9).
Menurut dekan, saat magang saja para calon lulusan jurusan ini mampu mengantongi sedikitnya 20 juta per bulan. Tak heran saat ini hanya sedikit saja lulusan dari jurusan ini yang mau menjadi ASN atau dosen.
“Gaji magang saja segitu, makanya sulit cari dosen dari jurusan ini kalau kami tidak inisiatif menyekolahkan mereka setelah lulus misalnya. Tahun ini saja kami hanya mampu menerima 200an mahasiswa karena kekurangan dosen untuk mengajar,” Terang dekan dari salah satu program vokasi pariwisata tertua di Malang ini.
Apalagi jika lulusan dari jurusan ini mengikuti program magang di luar negeri seperti yang telah UNMER Malang dan Concorde Hotel KL Malaysia sudah lakukan selama belasan tahun. Tidak sampai menunggu lulus, mahasiswa sudah akan ditawari pekerjaan. Tak jarang yang akhirnya memutuskan untuk bekerja di luar negeri. “Tapi tetap kami arahkan agar mereka lulus dulu, baru kembali kesana. Sayang sekolahnya, tapi memang sudah banyak juga yang akhirnya memilih bekerja di luar negeri,” Tutupnya.
Lulusan pariwisata juga tak melulu hanya bisa bekerja di bidang bidang seperti pariwisata, perhotelan, atau perkapalan saja. Banyak juga lulusan dari jurusan ini justru sukses berwirausaha, karena sudah paham dengan SOP sebuah perusahaan jasa dan juga softskill yang dimiliki sangat mumpuni. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
KGSP Associate Degree
Beasiswa KGSP Associate Degree Wujudkan Cita-cita Kuliah di Korea

Infokampus.news – Pemerintah Korea Selatan kembali menawarkan beasiswa kuliah di Korea bagi lulusan SMA/SMK Sederajat di Indonesia. Program Korean Government

Close