Jelang Pelaksanaan Tes Esok Hari, Para Pedagang Soal Ramaikan Momemtum SBMPTN 2017

Infokampus.news, Malang – Penyelengaraan tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 yang akan jatuh pada tanggal 17-18 Mei 2017 Besok memang mengundang banyak animo dari berbagai lapisan masyarakat. Bukan hanya mengundang perhatian dari para peserta tes yang ingin mendapatkan satu kursi di Universitas Negeri Impian mereka, namun pelaksanaan tes juga membuat banyak masyarakat ramai-ramai menjadikan momentum tersebut sebagai lahan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Para pedagang musiman tesebut bisa terlihat berada di pinggiran kampus-kampus besar di Malang seperti Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang), bahkan terlihat sampai sekitaran kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). para penjual dibeberapa kampus itu sendiri menjual kisi-kisi atau soal latihan SBMPTN 2017 dari berbagai macam jurusan seperti Saintek, Soshum, dan Campuran.

Pedagang Soal Cari Informasi Pelaksanaan SBMPTN Lewat Surat Kabar dan Word Of Mouth

Salah satu pedagang soal bernama Parnoto, terpantau Infokampus.news sedang melayani para calon mahasiswa yang ingin mengikuti tes SBMPTN besok. menurutnya, dirinyaa sudah mulai berjualan soal-soal SBMPTN sejak tahun lalu. untuk tahun ini sendiri dirinya sudah menmulai berjualan sejak 5 hari yang lalu. untuk harga yang dipatoknya pun beragam dari mulai 30 ribu sampai dengan 60 ribu rupiah per paketnya. Dirinya sendiri mengaku selalu mengumpulkan informasi tentang SBMPTN guna bisa menggelar lapak jualannya sesuai dengan momentum yang pas.

“Memang saya sejak tahun lalu sudah berjualan di UB ini bila menjelang pelaksanaan tes. Biasanya saya dapat informasi terkait pelaksanaan SBMPTN itu dari teman saya sesama pedagang musiman, juga biasanya saya baca-baca di koran,” Paparnya.

Pembeli Soal Dari Berbagai Macam Kalangan

Untuk pembelinya sendiri, Parno mengaku baru ramai biasanya pada 2 hari sebelum pelaksanaan tes SBMPTN dimlai. pembelinya pun beragam, ada calon mahasiswa yang memang senang mengumpulkan soal-soal dari tahun lalu sampai para orang tua yang membelikan untuk anaknya dirumah.

“Kalau sebelum H-2 tes itu biasanya yang bei hanya satu dua saja mas, tapi kalau sudah dekat hari pelaksanaan itu bisa naik sampai 100 kali lipat mas. yang membeli juga macam-macam dari yang calon mahasiswa yang memang inisiatif untuk membeli sendiri sampai dengan para orang tua yang rajin membeli kan anaknya soal-soal seperti ini,” Pungkasnya. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pekan Crafturday Untuk Pecinta Seni di Kota Malang

Creative Event Organizer adalah event organizer yang dinaungi oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial

Close