Jelang UNBK, Kemendikbud Minta Pemprov dan Pemda Dapat Bersinergi

Infokampus.news – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dapat bersinergi, dalam menyukseskan penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Jelang pelaksanaan Ujian Nasional, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota kami harapkan dapat saling bersinergi, khususnya dalam penyelenggaraan UNBK. Pemerintah daerah dapat mendorong sekolah untuk saling berbagi. SMP yang belum memiliki fasilitas komputer dapat meminta bantuan kepada SMA/SMK yang sudah memiliki fasilitas tersebut,” kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kemendikbud, Nizam, di Desa Penglipuran, Bangli, Provinsi Bali, Sabtu (4/2/2017).

Ditambahkan oleh Nizam, bahwa penyelenggaraan UNBK dapat menjadikan pelaksanaan UN menjadi lebih efisien dan nyaman. Hal tersebut sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud pada tahun 2016, para siswa sebagaian besar berpendapat bahwa penyelenggaraan UNBK lebih nyaman dari pada Ujian Nasional Berbasis Kertas.

“Para siswa tidak perlu lagi kuatir jika kertasnya kotor atau robek,” ucapnya.

Untuk tahun 2017 ini, pemerintah mendorong sekolah-sekolah untuk menyelenggarakan UNBK. Tahun ini terdapat lebih dari 30 ribu sekolah, dengan 3,6 juta siswa akan mengikuti UNBK. Nizam berharap, proses pengadaan komputer di sekolah jangan dikhususkan untuk penyelenggaraan UNBK, tetapi untuk proses belajar mengajar di sekolah.

“Sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer atau lab komputer dapat bersinergi dengan sekolah yang sudah memiliki fasilitas tersebut,” kembali ditegaskan Nizam. (FAM)

 

Sumber: Okezone

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

73 SMA di Bali Siap Gelar Ujian Nasional Berbasis Komputer

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali Tjokorda Istri Agung mengatakan, siswa dari 73 SMA di Pulau Dewata akan melaksanakan UNBK

Close