Ini Dia Jenis Tes Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui!

Infokampus.news – Ditetapkannya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional mau tak mau membuat kalian harus bisa berbahasa Inggris, terlebih jika kalian ingin berkuliah di luar negeri. Saat ini, semua kampus luar negeri mensyaratkan seluruh calon mahasiswa internasionalnya berkemampuan bahasa Inggris yang baik dan benar ditunjukkan dengan tercapainya skor minimum yang tertera pada bukti hasil tes Bahasa Inggris. Tak hanya kampus luar negeri, beberapa kampus dalam negeri pun mulai menerapkan aturan serupa. Tes bahasa Inggris yang dimaksud di sini adalah tes dengan standar yang bukan main-main. Apa saja jenis tes Bahasa Inggris yang disyaratkan tersebut? Simak poin-poin di bawah ini.
Jenis-jenis Tes Bahasa Inggris
1. TOEFL

Jenis tes ini adalah yang paling mainstream dan banyak dikenal oleh masyarakat umum. TOEFL adalah kepanjangan dari Test of English as a Foreign Language yang dibuat oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat bernama Educational Testing Service (ETS). Tes TOEFL ini diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada yang kemudian juga bagi mahasiswa yang mendaftar ke universitas Eropa dan Australia di semua jenjang baik S1, S2, maupun S3. Selain itu, tes ini juga biasa dilaksanakan dalam proses rekrutmen pegawai perusahaan-perusahaan besar. Bertujuan untuk menguji kemampuan menulis, membaca, tata bahasa, dan mendengarkan serta memahami wacana dalam Bahasa Inggris, tes ini dilakukan secara bertahap dengan bagian-bagian berikut ini: grammar structure and written expression, membaca, mendengarkan, dan menulis. Tes ini dilaksanakan dalam bentuk tes tertulis, tes berbasis komputer (menggunakan software), dan tes berbasis internet (menggunakan komputer yang tersambung ke internet).

2. TOEIC
TOEIC (Test of English for International Communication) pertama kali dikembangkan oleh ETS pada tahun 1977 dan pertama kali dilakukan di Jepang pada tahun 1979. TOEIC adalah tes yang dirancang untuk mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Nilai tes ini pada dasarnya akan mengukur sejauh mana seseorang mampu berkomunikasi dengan orang lain. Tes yang tidak memerlukan pengetahuan atau kosa kata khusus ini biasanya dibutuhkan untuk merekrut karyawan baru, menaikkan jabatan karyawan di suatu perusahaan, pelatihan program karyawan, promosi karyawan, serta mengukur kemampuan bahasa Inggris siswa dan mahasiswa.
3. IELTS
Tes IELTS sebenarnya hampir sama dengan tes TOEFL. Keduanya sama-sama bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris kalian. Bedanya, bahasa inggris yang digunakan dalam tes IELTS adalah British English. Ada beberapa negara yang membutuhkan IELTS seperti Australia, Inggris, dan Selandia Baru. Tes TOEFL ini juga bisa kalian gunakan untuk studi dan bekerja di luar negeri dengan ketentuan skor yang harus dicapai minimal 6.0. Dalam tahap tes IELTS, kalian akan dihadapkan dengan tes teori dan tes praktik. Tes teori IELTS ini berupa tes akademik menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara. Berbeda halnya dengan tes TOEFL, semua jawaban tes teori IELTS akan ditulis tangan. Sedangkan tes praktiknya hanya berupa tes membaca dan menulis di depan tim penguji.  Pada speaking section, peserta tes akan diminta untuk berbicara dengan seorang penilai secara langsung dengan durasi 12-14 menit.
4. GRE
Graduate Record Examination atau GRE adalah sebuah tes standar yang diambil agar dapat masuk ke program Pascasarjana (S2) di Amerika Serikat. Berbeda dengan tes-tes yang telah tersebut di atas, bagian-bagian tes ini bukan lagi tentang hal-hal mendasar dari bahasa Inggris seperti reading, writing, atau structure, namun tes ini akan berbentuk penalaran dan analisis. Terdapat 3 bagian dari tes GRE, yaitu Penalaran Verbal, Penalaran Kuantitatif, dan Analisis.
5. GMAT
Graduate Management Admission Test (GMAT) adalah standar tes internasional yang dipakai oleh banyak universitas internasional dalam menyeleksi mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar Master (MBA). Tes ini dirancang untuk membantu program pascasarjana manajemen menilai kualifikasi pelamar untuk studi lanjutan di bidang bisnis dan manajemen.
6. SAT

Hampir sama dengan GRE, Scholastic Aptitude Test (SAT) merupakan tes bahasa inggris berupa ujian kemampuan dan keterampilan untuk kuliah di perguruan-perguruan tinggi di Amerika dan Inggris.Tes ini akan mengukur sudah sejauh mana kalian menguasai materi yang dipelajari di sekolah dan seberapa baik pula kalian dapat menerapkan pengetahuan itu. Tes bahasa Inggris SAT terdiri dari 5 kategori tes, yakni ada tes membaca kritis, tes menulis dan bahasa, tes matematika, dan tes esai. Tes SAT diberikan dalam kurun waktu 3 jam 45 menit. Kalian dinyatakan lulus masuk ke perguruan tinggi di Amerika atau Inggris, jika kalian berhasil memperoleh hasil tes minimal 1.600 maksimal 2.400.

Itu tadi beberapa jenis tes Bahasa Inggris yang perlu kalian ketahui jika ingin berkuliah di luar negeri atau bekerja di perusahaan besar. Semoga bermanfaat! (him)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Tidak bisa dipungkiri, lancar bahasa Inggris menjadi salah satu modal utama untuk berkarir maupun bersekolah atau kuliah. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, seperti membaca novel dalam Bahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle atau dengan subtitle  Bahasa Inggris, rajin buka kamus atau googling, atau cari teman untuk bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris. Secara teori, semua terdengar seolah-olah sederhana dan mudah. Namun nyatanya banyak…
  • Berikut ini daftar peluang kerja yang bisa Sobat FoKus jadikan pilihan dalam meniti karir ketika lulus dari jurusan sastra inggris!
  • Dalam acara expo mahasiswa wirausaha se-Indonesia yang digelar di Universitas Brawijaya (UB), Malang, salah satu stan milik Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menarik perhatian para juri. Stan milik 3 mahasiswa Aulia, Dian dan Umar dari Fakultas Sastra UM ini mengambil program penelitian wirausaha di bidang jasa penerjemahan atau translation yang berhasil menyabet juara ke 3 dari 100 perguruan tinggi se-Indonesia.

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
HIMATEP FP UWG Padukan Pangan dan Seni
HIMATEP FP UWG Padukan Pangan dan Seni

Infokampus.news, Malang - Festival Fanart yang digagas oleh HIMATEP (Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian) FP UWG selesai digelar hari ini,

Close