Jenius! Limbah Kulit Buah Kopi Hantarkan Mahasiswa ITB Ini Juara Internasional

Infokampus.news – Limbah kulit buah kopi ternyata membawa berkah dan mampu menghantarkan 3 mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) Adeltama JannoAjiputra, Muhammad Naufal Hakim (Rekayasa Hayati 2014), dan Duma Doniagara Sambora (Rekayasa Hayati 2015) raih 2nd best poster dalam International Engineering Student Conference (IESC). Dalam acara yang digelar di Gedung Kuliah Bersama Universitas Indonesia pada Sabtu (30/09/17) silam ini mereka membahas mengenai kulit kopi yang mampu menjadi bahan baku pengganti teh.

Dalam paper yang mereka angkat berjudul “Mathematical Modelling of Coffee Husk Drying in Applying Biorefinery Concept Towards Sustainable Industrial Development” mereka membahas mengenai kulit kopi yang yang dikeringkan atau Cascara yang dapat dijadikan sebagai minuman mirip teh dan memiliki kandungan senyawa fenolik yang bermanfaat bagi kesehatan.

Limbah Kulit Buah Kopi Bukan Lagi Limbah Bagi Industri Kopi di Indonesia

Dari sinilah ahirnya mereka membuat suatu pemodelan matematis untuk mengetahui waktu optimum pengeringan kulit buah kopi secara shade drying dan oven drying. Mereka berharap hal ini dapat diaplikasikan industri kopi untuk mengembangkan industrialisasi kulit kopi yang selama ini hanya berupa limbah serta dapat memaksimalkan nilai jual kulit buah kopi sebagai langkah biorefinery pada kopi.

Pihaknya mengaku bersyukur karena meskipun sempat menemui kendala waktu untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, namun ahirnya mereka berhasil meraih juara.

“Kami bersyukur bisa mendapatkan kesempatan ini dan kami berharap hal ini bisa menjadi inspirasi baik untuk kami maupun teman-teman lainnya untuk terus menghasilkan karya. Niatkan berkarya sebagai pelajaran bukan hanya sekadar kemenangan saja, sehingga apapun hasil yang didapatkan adalah suatu pelajaran untuk menjadi lebih baik lagi,” tutur Aji sebagai perwakilan tim. (Pus)

Sumber : ITB

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa ITN Ini Optimis Bentuk Karakter Siswa Lewat Sekolah Islam Terpadu dengan Green Architecture

Pendidikan saat ini di Indonesia mulai terfokus untuk bentuk karakter siswa lewat berbagai metode pendidikan. Namun

Close