Jokowi Himbau Perguruan Tinggi Buka Fakultas “ Zaman Now” dibidang Kopi dan Kelapa Sawit

Infokampus.news – Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi ini meminta perguruan tinggi mengikuti perkembangan zaman. Salah satu caranya dnegan membuka fakultas baru sessuai dengan kebutuhan masyarakat.

Hal ini disampaikan Jokowi pada saat menerima audiensi pejabat eselon I, eselon II, pimpinan Pegruruan Tinggi Negeri (PTN) dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Istana Negara, Jakarta Rabu (10/10).

“Ganti yang baru! Saya tidak mau mendengar perguruan tinggi tidak mau menghapus fakultas atau prodi yang sudah usang”. Tegasnya.

Jokowi menyebut, Fakultas yang cocok dibuka pada era millenial seperti sekarang ini adalah Fakultas Kopi, alasannya indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi terbesar di dunia. Selain itu, kebiasaan minum kopi mulai menjadi gaya hidup sebagian masyarakat, khususnya generasi muda saat ini.

“Tiga atau dua tahun lalau saya menyampaikan alsan pentingnya mendirikan fakultas kopi. Saat itu ada yang tertawa. Fakultas kopi, kelapa sawit. Ini industri besar kita dan saya sangat serius ngomong seperti itu,” Ujarnya.

Meski sudah sering mewanti-wanti, eprgruan tinggi belum juga mengabulkan keinginan Jokowi, akibatnya, fakultas bersifat monoton dan kampus tidak mengalami perubahan.

“Dunia sudah berubah seperti ini tapi sulit bangun fakultas dan prodi baru. Nggang ngerti ini penyebabnya, ekosistem di eprguruan tinggi atau di kementerian atau dua-duanya” Jelanya lebih lanjut.

Institut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro memiliki jurusan kuliah yang unik dan anehh yakni mempelajari di bidang Oseanografi. Meski tidak terkenal. Jurusan ini sangat penting dan prospek kerjanya juga bagus sekali. Kamu akan belaajr berbagai topik mengenai organisme laut, ekosistem, arus, gelombang dan berbagai hal penting seputar kelautan.

Selain itu jurusan Teknobiometik kamu bisa temukan di Universitas Airlangga, kamu akan mempelajari gabungan ilmu teknik dengan ilmu kedoketran disini, meskipun jurusan ini tergolong sangat jarang peminatnya, padahal prospek kerjanya luar biasa karena akan berperan penting dalam dunia pengobatan. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Penelitian Gejala Alam
Filkom UB Berhasil Kembangkan Penelitian Gejala Alam Melalui GIS

Infokampus.news – Geographic Information System (GIS) merupakan suatu alat bantu untuk menganalisa data dalam mengkaji berbagai gejala alam dan kehidupan

Close